ANALISIS PENGARUH LOKASI DAN PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA PD BPR BANK PASAR BOYOLALI
Farida Ratna Titisari, 2007. Analisis Pengaruh Lokasi Dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PD. BPR Bank Pasar Boyolali. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengidentifikasi, menganalisis dan memberikan bukti empiris mengenai pengaruh variabel lokasi dan variabel pelayan...
Uloženo v:
Hlavní autor: | |
---|---|
Médium: | Diplomová práce |
Jazyk: | English English English English English English English |
Vydáno: |
2007
|
Témata: | |
On-line přístup: | https://eprints.ums.ac.id/11182/ |
Tagy: |
Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
|
Shrnutí: | Farida Ratna Titisari, 2007. Analisis Pengaruh Lokasi Dan Pelayanan
Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PD. BPR Bank Pasar Boyolali.
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengidentifikasi,
menganalisis dan memberikan bukti empiris mengenai pengaruh variabel lokasi
dan variabel pelayanan PD. BPR. Bank Pasar secara signifikan dan positif
terhadap loyalitas nasabah serta .mengetahui variabel mana yang berpengaruh
dominan terhadap loyalitas nasabah.
Sesuai dengan penelitian maka penelitian ini dilaksanakan dengan
menggunakan metode survey, yaitu penelitian yang mengambil sampel dari suatu
populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data yang pokok.
Teknik sampling yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara
random sampling (sampel secara acak) yaitu dengan menganggap setiap subyek
yang ada di dalam populasi memperoleh kesempatan (chance) yang sama untuk
dipilih menjadi sampel. Adapun jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini
sejumlah 100 orang dari nasabah PD. BPR Bank Pasar di Boyolali.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, lokasi PD. BPR. Bank
Pasar ternyata tidak berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas nasabah PD.
BPR Bank Pasar karena mempunyai nilai thitung (-0,303) ≤ ttabel (-1,67.). Sedangkan
pelayanan yang diberikan oleh PD. BPR Bank Pasar ternyata mempunyai
pengaruh yang positif dan signifikan dengan nilai thitung (2,096) > ttabel (1,67).
Dengan demikian pelayanan merupakan variabel yang dominan berpengaruh
terhadap loyalitas nasabah. Secara bersama-sama, lokasi dan pelayanan PD. BPR.
Bank Pasar Boyolali berpengaruh terhadap loyalitas nasabah, dengan nilai Fhitung
(3,155) > Ftabel (3,07). Nilai R2
sebesar 0,268 (26,8%), yang berarti perubahan
loyalitas nasabah disebabkan oleh berubahnya besaran variabel lokasi dan
pelayanan yang terjadi sebesar 26,8%.
Lokasi PD. BPR. Bank Pasar tidak berpengaruh secara signifikan terhadap
loyalitas nasabah karena lokasi PD. BPR Bank Pasar tertentu hanya melayani
nasabah di lingkungannya atau pelayanan PD. BPR Bank Pasar dibatasi oleh
wilayah kerjanya (lingkungannya). Lain halnya jika lokasi tersebut tidak terlalu
banyak dan jumlah nasabahnya yang membutuhkan jasa perbankan semakin
bertambah, hal ini dikarenakan pada lingkungan masyarakat sekitar lokasi banyak
yang membutuhkan jasa perbankan, misalnya seperti daerah pasar atau
berkumpulnya banyak pedagang maupun toko. Sementara pelayanan adalah hal
yang sangat diharapkan oleh nasabah BPR Bank Pasar, yaitu pelayanan yang
menyenangkan dari sisi konsumen atau nasabah itu sendiri yang faktor-faktornya
meliputi keramahan petugas bank, proses yang cepat dan aturan-aturan yang tidak
berbelit-belit serta menjunjung tinggi norma keadilan terhadap para pengguna jasa
perbankan yang lain. |
---|