FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TOSERBA LESTARI BARU DI KABUPATEN SRAGEN

Dalam keadaan seperti sekarang ini dimana terdapat persaingan yang sangat kompetitif antara swalayan yang ada dalam satu wilayah kota Gemolong tentu tidak mudah bagi pihak Toserba Lestari Baru untuk dapat bersaing dengan swalayan baru yang memiliki fasilitas dan kemudahan dengan teknologi dan...

Disgrifiad llawn

Wedi'i Gadw mewn:
Manylion Llyfryddiaeth
Prif Awdur: PURWANTO, BAYU DWI
Fformat: Traethawd Ymchwil
Iaith:English
English
English
English
English
English
Cyhoeddwyd: 2007
Pynciau:
Mynediad Ar-lein:https://eprints.ums.ac.id/11169/
Tagiau: Ychwanegu Tag
Dim Tagiau, Byddwch y cyntaf i dagio'r cofnod hwn!
_version_ 1804995269116297216
author PURWANTO, BAYU DWI
author_facet PURWANTO, BAYU DWI
author_sort PURWANTO, BAYU DWI
collection ePrints
description Dalam keadaan seperti sekarang ini dimana terdapat persaingan yang sangat kompetitif antara swalayan yang ada dalam satu wilayah kota Gemolong tentu tidak mudah bagi pihak Toserba Lestari Baru untuk dapat bersaing dengan swalayan baru yang memiliki fasilitas dan kemudahan dengan teknologi dan tata ruangan yang baru untuk memuaskan konsumen yang dilayani. Tujuan penelitian ini untuk ingin mengetahui: (1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, (2) pengaruh fasilitas terhadap kepuasan konsumen, (3) pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen, (3) pengaruh lokasi terhadap kepuasan konsumen, dan (4) faktor-faktor yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen. Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Toserba Lestari Baru. Adapun sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan yang dijaDikan sample sejumlah 50 konsumen yang berbelanja di Toserba Lestari Baru. Sumber data dengan metode angket dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan regresi ganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis menggunakan uji t-test dan uji F. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: diperoleh Fhitung sebesar = 23,126 dan Ftabel sebesar 2,94 (Fhitung > Ftabel) sehingga Ho ditolak dan terlihat signifikan dengan probabilitas (0,000) lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian terbukti ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan (X1), fasilitas (X2), lokasi (X3), dan harga (X4) secara bersama-sama terhadap variabel tingkat kepuasan konsumen (Y). Untuk variabel harga sebesar 7,663 merupakan hasil yang dominan dibandingkan dengan variabel lain yaitu, kualitas pelayanan (4,234), fasilitas (3,460), dan lokasi (6,768). Hasil koefisien determinasi R² sebesar 0,783 (R²), yang berarti variasi perubahan variabel independen dapat dijelaskan variabel kualitas pelayanan (X1), fasilitas (X2), lokasi (X3), dan harga (X4) sebesar 78,3%. Sedangkan sisanya 11,7% dijelaskan oleh variabel lain di luar model yang tidak terobservasi, misalnya suasana tempat penjualan, kualitas barang yang dijual, dan sebagainya.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11169
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11169 https://eprints.ums.ac.id/11169/ FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TOSERBA LESTARI BARU DI KABUPATEN SRAGEN PURWANTO, BAYU DWI HB Economic Theory Dalam keadaan seperti sekarang ini dimana terdapat persaingan yang sangat kompetitif antara swalayan yang ada dalam satu wilayah kota Gemolong tentu tidak mudah bagi pihak Toserba Lestari Baru untuk dapat bersaing dengan swalayan baru yang memiliki fasilitas dan kemudahan dengan teknologi dan tata ruangan yang baru untuk memuaskan konsumen yang dilayani. Tujuan penelitian ini untuk ingin mengetahui: (1) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, (2) pengaruh fasilitas terhadap kepuasan konsumen, (3) pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen, (3) pengaruh lokasi terhadap kepuasan konsumen, dan (4) faktor-faktor yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen. Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Toserba Lestari Baru. Adapun sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan yang dijaDikan sample sejumlah 50 konsumen yang berbelanja di Toserba Lestari Baru. Sumber data dengan metode angket dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan regresi ganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis menggunakan uji t-test dan uji F. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: diperoleh Fhitung sebesar = 23,126 dan Ftabel sebesar 2,94 (Fhitung > Ftabel) sehingga Ho ditolak dan terlihat signifikan dengan probabilitas (0,000) lebih kecil dari 0,05. Dengan demikian terbukti ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan (X1), fasilitas (X2), lokasi (X3), dan harga (X4) secara bersama-sama terhadap variabel tingkat kepuasan konsumen (Y). Untuk variabel harga sebesar 7,663 merupakan hasil yang dominan dibandingkan dengan variabel lain yaitu, kualitas pelayanan (4,234), fasilitas (3,460), dan lokasi (6,768). Hasil koefisien determinasi R² sebesar 0,783 (R²), yang berarti variasi perubahan variabel independen dapat dijelaskan variabel kualitas pelayanan (X1), fasilitas (X2), lokasi (X3), dan harga (X4) sebesar 78,3%. Sedangkan sisanya 11,7% dijelaskan oleh variabel lain di luar model yang tidak terobservasi, misalnya suasana tempat penjualan, kualitas barang yang dijual, dan sebagainya. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11169/1/Hal_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11169/2/Bab_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11169/3/Bab_2_dan_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11169/4/Bab_4_dan_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11169/7/Dapus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11169/9/Lampiran.pdf PURWANTO, BAYU DWI (2007) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TOSERBA LESTARI BARU DI KABUPATEN SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . B100030267
spellingShingle HB Economic Theory
PURWANTO, BAYU DWI
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TOSERBA LESTARI BARU DI KABUPATEN SRAGEN
title FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TOSERBA LESTARI BARU DI KABUPATEN SRAGEN
title_full FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TOSERBA LESTARI BARU DI KABUPATEN SRAGEN
title_fullStr FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TOSERBA LESTARI BARU DI KABUPATEN SRAGEN
title_full_unstemmed FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TOSERBA LESTARI BARU DI KABUPATEN SRAGEN
title_short FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TOSERBA LESTARI BARU DI KABUPATEN SRAGEN
title_sort faktor faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen toserba lestari baru di kabupaten sragen
topic HB Economic Theory
url https://eprints.ums.ac.id/11169/
work_keys_str_mv AT purwantobayudwi faktorfaktoryangmempengaruhitingkatkepuasankonsumentoserbalestaribarudikabupatensragen