FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN TOSERBA LESTARI BARU DI KABUPATEN SRAGEN
Dalam keadaan seperti sekarang ini dimana terdapat persaingan yang sangat kompetitif antara swalayan yang ada dalam satu wilayah kota Gemolong tentu tidak mudah bagi pihak Toserba Lestari Baru untuk dapat bersaing dengan swalayan baru yang memiliki fasilitas dan kemudahan dengan teknologi dan...
Uloženo v:
Hlavní autor: | |
---|---|
Médium: | Diplomová práce |
Jazyk: | English English English English English English |
Vydáno: |
2007
|
Témata: | |
On-line přístup: | https://eprints.ums.ac.id/11169/ |
Tagy: |
Přidat tag
Žádné tagy, Buďte první, kdo vytvoří štítek k tomuto záznamu!
|
Shrnutí: | Dalam keadaan seperti sekarang ini dimana terdapat persaingan yang
sangat kompetitif antara swalayan yang ada dalam satu wilayah kota Gemolong
tentu tidak mudah bagi pihak Toserba Lestari Baru untuk dapat bersaing dengan
swalayan baru yang memiliki fasilitas dan kemudahan dengan teknologi dan tata
ruangan yang baru untuk memuaskan konsumen yang dilayani.
Tujuan penelitian ini untuk ingin mengetahui: (1) pengaruh kualitas
pelayanan terhadap kepuasan konsumen, (2) pengaruh fasilitas terhadap kepuasan
konsumen, (3) pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen, (3) pengaruh lokasi
terhadap kepuasan konsumen, dan (4) faktor-faktor yang berpengaruh dominan
terhadap kepuasan konsumen.
Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan tipe penelitian.
Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berbelanja di Toserba Lestari
Baru. Adapun sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive
sampling dan yang dijaDikan sample sejumlah 50 konsumen yang berbelanja di
Toserba Lestari Baru. Sumber data dengan metode angket dan dokumentasi.
Metode analisis data menggunakan regresi ganda. Selanjutnya untuk menguji
hipotesis menggunakan uji t-test dan uji F.
Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: diperoleh Fhitung
sebesar = 23,126 dan Ftabel sebesar 2,94 (Fhitung > Ftabel) sehingga Ho ditolak dan
terlihat signifikan dengan probabilitas (0,000) lebih kecil dari 0,05. Dengan
demikian terbukti ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan (X1),
fasilitas (X2), lokasi (X3), dan harga (X4) secara bersama-sama terhadap variabel
tingkat kepuasan konsumen (Y). Untuk variabel harga sebesar 7,663 merupakan
hasil yang dominan dibandingkan dengan variabel lain yaitu, kualitas pelayanan
(4,234), fasilitas (3,460), dan lokasi (6,768). Hasil koefisien determinasi R²
sebesar 0,783 (R²), yang berarti variasi perubahan variabel independen dapat
dijelaskan variabel kualitas pelayanan (X1), fasilitas (X2), lokasi (X3), dan harga
(X4) sebesar 78,3%. Sedangkan sisanya 11,7% dijelaskan oleh variabel lain di luar
model yang tidak terobservasi, misalnya suasana tempat penjualan, kualitas
barang yang dijual, dan sebagainya. |
---|