Pengaruh Efektivitas Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pasar Modern Terhadap Tingkat Transaksi Bisnis di Pasar Tradisional (Study Kasus di Pasar Klewer)

Di era globalisasi sekarangini, banyak sekali didirikan pusat-pusat bisnis yang dikemas dalam bentuk pasar-pasar modern. Hal tersebut berdampak pada kondisi pasar tradisional yang terancam kolaps dengan menjamurnya pasar modern di berbagai tempat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menge...

Szczegółowa specyfikacja

Zapisane w:
Opis bibliograficzny
1. autor: Putro, Adhi Kusumo
Format: Praca dyplomowa
Język:English
English
English
English
English
English
Wydane: 2007
Hasła przedmiotowe:
Dostęp online:https://eprints.ums.ac.id/11167/
Etykiety: Dodaj etykietę
Nie ma etykietki, Dołącz pierwszą etykiete!
_version_ 1804995268554260480
author Putro, Adhi Kusumo
author_facet Putro, Adhi Kusumo
author_sort Putro, Adhi Kusumo
collection ePrints
description Di era globalisasi sekarangini, banyak sekali didirikan pusat-pusat bisnis yang dikemas dalam bentuk pasar-pasar modern. Hal tersebut berdampak pada kondisi pasar tradisional yang terancam kolaps dengan menjamurnya pasar modern di berbagai tempat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauhkah pengaruh strategi bauran pemasaran (marketing mix) dari pasar modern terhadap tingkat transaksi bisnis di pasar tradisional. Adapun kegunaan penelitian ini bagi pelaku usaha di pasar tradisional dapat digunakan sebagai acuan untuk menjalankan bisnisnya dengan lebih baik. Berdasarkan pengolahan data menggunakan bantuankomputerprogram Eviews 3.1 versi student,hasil pengujian hipotesis dengan analisis multiple regression menunjukkan variabel yang secara signifikan mempengaruhi tingkat transaksi di pasar tradisional adalah variabel produk pasar modern (x1), strategi penetapan harga pasar modern (x2) dan lokasi pasar modern (x3), ditunjukkan dengan nilai thitung pada variabel produk pasar modern sebesar 4,201562, strategi penetapan harga pasar modern sebesar 5,319761 (mempunyai pengaruh paling dominan) dan lokasi pasar modern sebesar 2,992802 > ttabel 1,984 signifikan pada D = 5%, untuk variabel strategi promosi pasar modern tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat transaksi di pasar tradisional, ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 1,293494 < ttabel 1,984. Sebagaimana diketahui bahwa produk pasar modern, strategi penetapan harga, dan lokasi pasar modern merupakan faktor yang berpengaruh terhadap tingkat transaksi pasar tradisional, maka seyogyanya para pedagang di pasar Klewer memperhatikan faktor-faktor tersebut untuk agar tingkat transaksi pasar tradisional semakin baik.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11167
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11167 https://eprints.ums.ac.id/11167/ Pengaruh Efektivitas Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pasar Modern Terhadap Tingkat Transaksi Bisnis di Pasar Tradisional (Study Kasus di Pasar Klewer) Putro, Adhi Kusumo HB Economic Theory Di era globalisasi sekarangini, banyak sekali didirikan pusat-pusat bisnis yang dikemas dalam bentuk pasar-pasar modern. Hal tersebut berdampak pada kondisi pasar tradisional yang terancam kolaps dengan menjamurnya pasar modern di berbagai tempat tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauhkah pengaruh strategi bauran pemasaran (marketing mix) dari pasar modern terhadap tingkat transaksi bisnis di pasar tradisional. Adapun kegunaan penelitian ini bagi pelaku usaha di pasar tradisional dapat digunakan sebagai acuan untuk menjalankan bisnisnya dengan lebih baik. Berdasarkan pengolahan data menggunakan bantuankomputerprogram Eviews 3.1 versi student,hasil pengujian hipotesis dengan analisis multiple regression menunjukkan variabel yang secara signifikan mempengaruhi tingkat transaksi di pasar tradisional adalah variabel produk pasar modern (x1), strategi penetapan harga pasar modern (x2) dan lokasi pasar modern (x3), ditunjukkan dengan nilai thitung pada variabel produk pasar modern sebesar 4,201562, strategi penetapan harga pasar modern sebesar 5,319761 (mempunyai pengaruh paling dominan) dan lokasi pasar modern sebesar 2,992802 > ttabel 1,984 signifikan pada D = 5%, untuk variabel strategi promosi pasar modern tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat transaksi di pasar tradisional, ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 1,293494 < ttabel 1,984. Sebagaimana diketahui bahwa produk pasar modern, strategi penetapan harga, dan lokasi pasar modern merupakan faktor yang berpengaruh terhadap tingkat transaksi pasar tradisional, maka seyogyanya para pedagang di pasar Klewer memperhatikan faktor-faktor tersebut untuk agar tingkat transaksi pasar tradisional semakin baik. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11167/1/Hal_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11167/2/Bab_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11167/4/Bab_2_dan_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11167/6/Bab_4_dan_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11167/8/Dapus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11167/14/Lampiran.pdf Putro, Adhi Kusumo (2007) Pengaruh Efektivitas Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pasar Modern Terhadap Tingkat Transaksi Bisnis di Pasar Tradisional (Study Kasus di Pasar Klewer). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . B100030263
spellingShingle HB Economic Theory
Putro, Adhi Kusumo
Pengaruh Efektivitas Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pasar Modern Terhadap Tingkat Transaksi Bisnis di Pasar Tradisional (Study Kasus di Pasar Klewer)
title Pengaruh Efektivitas Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pasar Modern Terhadap Tingkat Transaksi Bisnis di Pasar Tradisional (Study Kasus di Pasar Klewer)
title_full Pengaruh Efektivitas Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pasar Modern Terhadap Tingkat Transaksi Bisnis di Pasar Tradisional (Study Kasus di Pasar Klewer)
title_fullStr Pengaruh Efektivitas Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pasar Modern Terhadap Tingkat Transaksi Bisnis di Pasar Tradisional (Study Kasus di Pasar Klewer)
title_full_unstemmed Pengaruh Efektivitas Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pasar Modern Terhadap Tingkat Transaksi Bisnis di Pasar Tradisional (Study Kasus di Pasar Klewer)
title_short Pengaruh Efektivitas Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pasar Modern Terhadap Tingkat Transaksi Bisnis di Pasar Tradisional (Study Kasus di Pasar Klewer)
title_sort pengaruh efektivitas bauran pemasaran marketing mix pasar modern terhadap tingkat transaksi bisnis di pasar tradisional study kasus di pasar klewer
topic HB Economic Theory
url https://eprints.ums.ac.id/11167/
work_keys_str_mv AT putroadhikusumo pengaruhefektivitasbauranpemasaranmarketingmixpasarmodernterhadaptingkattransaksibisnisdipasartradisionalstudykasusdipasarklewer