PERSEPSI AKUNTAN PUBLIK DAN PEMAKAI INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP ADVERTENSI KANTOR AKUNTAN PUBLIK PADA EKS-KARESIDENAN SURAKARTA

Advertensi merupakan solusi dalam penyediaan informasi jasa akuntan publik bagi masyarakat, khususnya bagi kantor akuntan publik advertensi merupakan media yang efektif dalam menyediakan informasi bagi calon klien mengenai jasa yang tersedia. Namun demikian, akuntan publik dihadapkan pada piliha...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NURROCHMI, DYAH DWI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11164/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995267721691136
author NURROCHMI, DYAH DWI
author_facet NURROCHMI, DYAH DWI
author_sort NURROCHMI, DYAH DWI
collection ePrints
description Advertensi merupakan solusi dalam penyediaan informasi jasa akuntan publik bagi masyarakat, khususnya bagi kantor akuntan publik advertensi merupakan media yang efektif dalam menyediakan informasi bagi calon klien mengenai jasa yang tersedia. Namun demikian, akuntan publik dihadapkan pada pilihan apakah mereka harus beriklan atau tidak, informasi apa yang seharusnya dimuat jika mereka beriklan, dan media apa yang sebaiknya digunakan. Hal ini mengingat bahwa selama ini periklanan bagi para profesi akuntan dilarang, sehingga dengan munculnya fenomena baru ini akan sangat diperhatikan oleh konsumen. Apakah konsumen akan beranggapan bahwa periklanan oleh akuntan publik tidak etis dan harus dihindari ataukah sebaliknya. Penelitian ini untuk mengetahui persepsi akuntan publik terhadap advertensi jasa KAP dan persepsi pemakai informasi akuntansi terhadap advertensi jasa KAP. Penelitian ini merupakan studi empiris dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh akuntan publik dan pemakai jasa informasi akuntansi di Surakarta. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 37 orang responden, terdiri dari 12 akuntan publik dan 25 pemakai informasi akuntansi. Pengambilan sampel berdasarkan teknik convenience sampling untuk pemakai informasi akuntansi dan sampling jenuh untuk sampel akuntan publik. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, dan uji beda mean (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Akuntan publik memiliki persepsi yang positif terhadap advertensi jasa KAP (50%). Hal ini berarti akuntan publik berpendapat bahwa advertensi jasa KAP sangat diperlukan untuk menyediakan informasi bagi calon klien mengenai jasa yang tersedia. (2) Pemakai informasi akuntansi memiliki persepsi yang negatif terhadap advertensi KAP (60%). Hal ini berarti pemakai informasi akuntansi berpendapat bahwa advertensi jasa KAP tidak mutlak diperlukan. Dari hasil uji proporsi, terlihat bahwa perbedaan persepsi tersebut khususnya terletak pada aspek materi advertensi dan media advertensi yang digunakan. (3) Terdapat perbedaan persepsi antara akuntan publik dan pemakai informasi kuntansi terhadap advertensi jasa KAP. Hasil analisis dengan independen sample t test memperoleh nilai thitung sebesar 9,168 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05).
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11164
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11164 https://eprints.ums.ac.id/11164/ PERSEPSI AKUNTAN PUBLIK DAN PEMAKAI INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP ADVERTENSI KANTOR AKUNTAN PUBLIK PADA EKS-KARESIDENAN SURAKARTA NURROCHMI, DYAH DWI HF5601 Accounting Advertensi merupakan solusi dalam penyediaan informasi jasa akuntan publik bagi masyarakat, khususnya bagi kantor akuntan publik advertensi merupakan media yang efektif dalam menyediakan informasi bagi calon klien mengenai jasa yang tersedia. Namun demikian, akuntan publik dihadapkan pada pilihan apakah mereka harus beriklan atau tidak, informasi apa yang seharusnya dimuat jika mereka beriklan, dan media apa yang sebaiknya digunakan. Hal ini mengingat bahwa selama ini periklanan bagi para profesi akuntan dilarang, sehingga dengan munculnya fenomena baru ini akan sangat diperhatikan oleh konsumen. Apakah konsumen akan beranggapan bahwa periklanan oleh akuntan publik tidak etis dan harus dihindari ataukah sebaliknya. Penelitian ini untuk mengetahui persepsi akuntan publik terhadap advertensi jasa KAP dan persepsi pemakai informasi akuntansi terhadap advertensi jasa KAP. Penelitian ini merupakan studi empiris dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh akuntan publik dan pemakai jasa informasi akuntansi di Surakarta. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 37 orang responden, terdiri dari 12 akuntan publik dan 25 pemakai informasi akuntansi. Pengambilan sampel berdasarkan teknik convenience sampling untuk pemakai informasi akuntansi dan sampling jenuh untuk sampel akuntan publik. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, dan uji beda mean (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Akuntan publik memiliki persepsi yang positif terhadap advertensi jasa KAP (50%). Hal ini berarti akuntan publik berpendapat bahwa advertensi jasa KAP sangat diperlukan untuk menyediakan informasi bagi calon klien mengenai jasa yang tersedia. (2) Pemakai informasi akuntansi memiliki persepsi yang negatif terhadap advertensi KAP (60%). Hal ini berarti pemakai informasi akuntansi berpendapat bahwa advertensi jasa KAP tidak mutlak diperlukan. Dari hasil uji proporsi, terlihat bahwa perbedaan persepsi tersebut khususnya terletak pada aspek materi advertensi dan media advertensi yang digunakan. (3) Terdapat perbedaan persepsi antara akuntan publik dan pemakai informasi kuntansi terhadap advertensi jasa KAP. Hasil analisis dengan independen sample t test memperoleh nilai thitung sebesar 9,168 diterima pada taraf signifikansi 5% (p<0,05). 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11164/1/Diah_Skripsi_Lengkap.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11164/4/bab.1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11164/7/daft.pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11164/10/hal.depan.pdf NURROCHMI, DYAH DWI (2007) PERSEPSI AKUNTAN PUBLIK DAN PEMAKAI INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP ADVERTENSI KANTOR AKUNTAN PUBLIK PADA EKS-KARESIDENAN SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B200020140
spellingShingle HF5601 Accounting
NURROCHMI, DYAH DWI
PERSEPSI AKUNTAN PUBLIK DAN PEMAKAI INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP ADVERTENSI KANTOR AKUNTAN PUBLIK PADA EKS-KARESIDENAN SURAKARTA
title PERSEPSI AKUNTAN PUBLIK DAN PEMAKAI INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP ADVERTENSI KANTOR AKUNTAN PUBLIK PADA EKS-KARESIDENAN SURAKARTA
title_full PERSEPSI AKUNTAN PUBLIK DAN PEMAKAI INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP ADVERTENSI KANTOR AKUNTAN PUBLIK PADA EKS-KARESIDENAN SURAKARTA
title_fullStr PERSEPSI AKUNTAN PUBLIK DAN PEMAKAI INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP ADVERTENSI KANTOR AKUNTAN PUBLIK PADA EKS-KARESIDENAN SURAKARTA
title_full_unstemmed PERSEPSI AKUNTAN PUBLIK DAN PEMAKAI INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP ADVERTENSI KANTOR AKUNTAN PUBLIK PADA EKS-KARESIDENAN SURAKARTA
title_short PERSEPSI AKUNTAN PUBLIK DAN PEMAKAI INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP ADVERTENSI KANTOR AKUNTAN PUBLIK PADA EKS-KARESIDENAN SURAKARTA
title_sort persepsi akuntan publik dan pemakai informasi akuntansi terhadap advertensi kantor akuntan publik pada eks karesidenan surakarta
topic HF5601 Accounting
url https://eprints.ums.ac.id/11164/
work_keys_str_mv AT nurrochmidyahdwi persepsiakuntanpublikdanpemakaiinformasiakuntansiterhadapadvertensikantorakuntanpublikpadaekskaresidenansurakarta