ANALISIS PENGARUH PELAYANAN PLASA TELKOM PT. TELKOM KANDATEL SOLO TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DILIHAT DARI DIMENSI-SIMENSI KUALITAS PELAYANAN

Kepuasan pelanggan dapat diketahui melalui penilaian kualitas jasa pelayanan perusahaan menggunakan lima dimensi kualitas jasa diantaranya reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangibles. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan Plasa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Setyaningsih, Sari Ratna
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11139/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995260901752832
author Setyaningsih, Sari Ratna
author_facet Setyaningsih, Sari Ratna
author_sort Setyaningsih, Sari Ratna
collection ePrints
description Kepuasan pelanggan dapat diketahui melalui penilaian kualitas jasa pelayanan perusahaan menggunakan lima dimensi kualitas jasa diantaranya reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangibles. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan Plasa PT. Telkom,Tbk Solo dilihat dari dimensi-dimensi kualitas pelayanan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada setiap pelanggan Plasa Telkom serta melakukan wawancara langsung kepada pihak manajemen Plasa Telkom. Sampel penelitian terdiri dari 100 responden yang dipilih secara random sampling dan teknik analisis data yang digunakan berupa analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien regresi berganda diperoleh persaman Y = 4,342 + 0,430 X1 + 0,440 X2 + 0,551 X3 + 0,367 X4 + 0,395 X5. Koefisien regresi tersebut menunjukkan bahwa variabel Assurance (X3) sebesar 0,551 memiliki pengaruh paling dominan terhadap Kepuasan Pelanggan Plasa Telkom. Perhitungan koefisien determinasi sebesar 0,499 menunjukkan 49,9% variasi variabel Kepuasan Pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel penelitian. Hasil perhitungan uji t menunjukkan variabel Reliability (2,077), Responsiveness (3,960), Assurance (2,063), Emphaty (2,296) dan variabel Tangibles (2,606) berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan karena lebih besar dari ttabel (1.960). Hasil uji F sebesar 14,661 > 2,31 sehingga terbukti bahwa reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangibles berpengaruh secara bersamasama terhadap Kepuasan Pelanggan Plasa PT. Telkom Kandatel Solo.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11139
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11139 https://eprints.ums.ac.id/11139/ ANALISIS PENGARUH PELAYANAN PLASA TELKOM PT. TELKOM KANDATEL SOLO TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DILIHAT DARI DIMENSI-SIMENSI KUALITAS PELAYANAN Setyaningsih, Sari Ratna HE Communications Kepuasan pelanggan dapat diketahui melalui penilaian kualitas jasa pelayanan perusahaan menggunakan lima dimensi kualitas jasa diantaranya reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangibles. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan Plasa PT. Telkom,Tbk Solo dilihat dari dimensi-dimensi kualitas pelayanan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada setiap pelanggan Plasa Telkom serta melakukan wawancara langsung kepada pihak manajemen Plasa Telkom. Sampel penelitian terdiri dari 100 responden yang dipilih secara random sampling dan teknik analisis data yang digunakan berupa analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil perhitungan koefisien regresi berganda diperoleh persaman Y = 4,342 + 0,430 X1 + 0,440 X2 + 0,551 X3 + 0,367 X4 + 0,395 X5. Koefisien regresi tersebut menunjukkan bahwa variabel Assurance (X3) sebesar 0,551 memiliki pengaruh paling dominan terhadap Kepuasan Pelanggan Plasa Telkom. Perhitungan koefisien determinasi sebesar 0,499 menunjukkan 49,9% variasi variabel Kepuasan Pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel penelitian. Hasil perhitungan uji t menunjukkan variabel Reliability (2,077), Responsiveness (3,960), Assurance (2,063), Emphaty (2,296) dan variabel Tangibles (2,606) berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan karena lebih besar dari ttabel (1.960). Hasil uji F sebesar 14,661 > 2,31 sehingga terbukti bahwa reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangibles berpengaruh secara bersamasama terhadap Kepuasan Pelanggan Plasa PT. Telkom Kandatel Solo. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11139/1/BAB_1_nur.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11139/4/BAB_1%2C2%2C3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11139/7/bab_4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11139/8/bab_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11139/13/JUDUL.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11139/16/Binder_nur.pdf Setyaningsih, Sari Ratna (2007) ANALISIS PENGARUH PELAYANAN PLASA TELKOM PT. TELKOM KANDATEL SOLO TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DILIHAT DARI DIMENSI-SIMENSI KUALITAS PELAYANAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B100030049
spellingShingle HE Communications
Setyaningsih, Sari Ratna
ANALISIS PENGARUH PELAYANAN PLASA TELKOM PT. TELKOM KANDATEL SOLO TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DILIHAT DARI DIMENSI-SIMENSI KUALITAS PELAYANAN
title ANALISIS PENGARUH PELAYANAN PLASA TELKOM PT. TELKOM KANDATEL SOLO TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DILIHAT DARI DIMENSI-SIMENSI KUALITAS PELAYANAN
title_full ANALISIS PENGARUH PELAYANAN PLASA TELKOM PT. TELKOM KANDATEL SOLO TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DILIHAT DARI DIMENSI-SIMENSI KUALITAS PELAYANAN
title_fullStr ANALISIS PENGARUH PELAYANAN PLASA TELKOM PT. TELKOM KANDATEL SOLO TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DILIHAT DARI DIMENSI-SIMENSI KUALITAS PELAYANAN
title_full_unstemmed ANALISIS PENGARUH PELAYANAN PLASA TELKOM PT. TELKOM KANDATEL SOLO TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DILIHAT DARI DIMENSI-SIMENSI KUALITAS PELAYANAN
title_short ANALISIS PENGARUH PELAYANAN PLASA TELKOM PT. TELKOM KANDATEL SOLO TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DILIHAT DARI DIMENSI-SIMENSI KUALITAS PELAYANAN
title_sort analisis pengaruh pelayanan plasa telkom pt telkom kandatel solo terhadap kepuasan pelanggan dilihat dari dimensi simensi kualitas pelayanan
topic HE Communications
url https://eprints.ums.ac.id/11139/
work_keys_str_mv AT setyaningsihsariratna analisispengaruhpelayananplasatelkompttelkomkandatelsoloterhadapkepuasanpelanggandilihatdaridimensisimensikualitaspelayanan