ANALISIS PENGARUH PELAYANAN PLASA TELKOM PT. TELKOM KANDATEL SOLO TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DILIHAT DARI DIMENSI-SIMENSI KUALITAS PELAYANAN
Kepuasan pelanggan dapat diketahui melalui penilaian kualitas jasa pelayanan perusahaan menggunakan lima dimensi kualitas jasa diantaranya reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangibles. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan Plasa...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11139/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Kepuasan pelanggan dapat diketahui melalui penilaian kualitas jasa
pelayanan perusahaan menggunakan lima dimensi kualitas jasa diantaranya
reliability, responsiveness, assurance, emphaty, dan tangibles. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan Plasa
PT. Telkom,Tbk Solo dilihat dari dimensi-dimensi kualitas pelayanan.
Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang
disebarkan kepada setiap pelanggan Plasa Telkom serta melakukan wawancara
langsung kepada pihak manajemen Plasa Telkom. Sampel penelitian terdiri dari 100
responden yang dipilih secara random sampling dan teknik analisis data yang
digunakan berupa analisis regresi berganda.
Berdasarkan hasil perhitungan koefisien regresi berganda diperoleh
persaman Y = 4,342 + 0,430 X1 + 0,440 X2 + 0,551 X3 + 0,367 X4 + 0,395 X5.
Koefisien regresi tersebut menunjukkan bahwa variabel Assurance (X3) sebesar
0,551 memiliki pengaruh paling dominan terhadap Kepuasan Pelanggan Plasa
Telkom. Perhitungan koefisien determinasi sebesar 0,499 menunjukkan 49,9%
variasi variabel Kepuasan Pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel penelitian. Hasil
perhitungan uji t menunjukkan variabel Reliability (2,077), Responsiveness (3,960),
Assurance (2,063), Emphaty (2,296) dan variabel Tangibles (2,606) berpengaruh
secara signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan karena lebih besar dari ttabel (1.960).
Hasil uji F sebesar 14,661 > 2,31 sehingga terbukti bahwa reliability,
responsiveness, assurance, emphaty, dan tangibles berpengaruh secara bersamasama
terhadap Kepuasan Pelanggan Plasa PT. Telkom Kandatel Solo.
|
---|