STRATEGI PEMASARAN BISNIS BATIK KAYU PADA PERUSAHAAN PSYCHO ART WOODEN BATIK OF HANDICRAFT AND FURNITURE SURAKARTA

Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat, perusahaan harus mampu mengidentifikasi Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman yang dihadapi perusahaan sehingga dapat menentukan strategi yang tepat. Dengan latar belakang tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengana...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MUSTOFA, MUHAMAD ICHSAN
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
Published: 2006
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11117/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995254836789248
author MUSTOFA, MUHAMAD ICHSAN
author_facet MUSTOFA, MUHAMAD ICHSAN
author_sort MUSTOFA, MUHAMAD ICHSAN
collection ePrints
description Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat, perusahaan harus mampu mengidentifikasi Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman yang dihadapi perusahaan sehingga dapat menentukan strategi yang tepat. Dengan latar belakang tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman produk dari Psyco Art Wooden Batik of Handicraft and Furniture Surakarta, dengan memperhatikan variabel produk, harga, promosi dan saluran distribusi. Penelitian ini dilakukan di Psyco Art Wooden Batik of Handicraft and Furniture Surakarta dengan hipotesis yang diajukan adalah Posisi bisnis unit usaha handicraft dapat diketahui dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh produk tersebut. Data yang digunakan adalah data sekunder, dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, metode studi pustaka dan metode dokumentasi. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT yang digunakan untuk mengidentifikasi lingkungan intern dan ekstern perusahaan. untuk menentukan kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman dalam perusahaan. Analisis lain yang digunakan adalah Matrik Daya Tarik Industri (MDTI), untuk menggambarkan posisi bisnis unit usaha strategis yang dihasilkan perusahaan. Hasil analisis posisi bisnis unit usaha strategis perusahaan Psycho Art Wooden Batik of Handicraft and Furniture Surakarta diperoleh total nilai tertimbang sebesar 4,05 (tinggi) dari penilaian variabel internal perusahaan (kekuatan dan kelemahan) yang berarti masuk dalam kategori pada sumbu vertikal, dan mendapatkan total nilai tertimbang sebesar 3,55 (medium) dari penilaian variabel eksternal perusahaan (peluang dan ancaman) yang berarti masuk ke dalam kategori medium pada sumbu horizontal, maka dapat diketahui posisi unit usaha strategis terletak pada sel pertumbuhan selektif. Kata kunci: Analisis SWOT dan Matrik Daya Tarik Industri
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11117
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
publishDate 2006
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11117 https://eprints.ums.ac.id/11117/ STRATEGI PEMASARAN BISNIS BATIK KAYU PADA PERUSAHAAN PSYCHO ART WOODEN BATIK OF HANDICRAFT AND FURNITURE SURAKARTA MUSTOFA, MUHAMAD ICHSAN HB Economic Theory Untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat, perusahaan harus mampu mengidentifikasi Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman yang dihadapi perusahaan sehingga dapat menentukan strategi yang tepat. Dengan latar belakang tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman produk dari Psyco Art Wooden Batik of Handicraft and Furniture Surakarta, dengan memperhatikan variabel produk, harga, promosi dan saluran distribusi. Penelitian ini dilakukan di Psyco Art Wooden Batik of Handicraft and Furniture Surakarta dengan hipotesis yang diajukan adalah Posisi bisnis unit usaha handicraft dapat diketahui dari kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh produk tersebut. Data yang digunakan adalah data sekunder, dan teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, metode studi pustaka dan metode dokumentasi. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT yang digunakan untuk mengidentifikasi lingkungan intern dan ekstern perusahaan. untuk menentukan kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman dalam perusahaan. Analisis lain yang digunakan adalah Matrik Daya Tarik Industri (MDTI), untuk menggambarkan posisi bisnis unit usaha strategis yang dihasilkan perusahaan. Hasil analisis posisi bisnis unit usaha strategis perusahaan Psycho Art Wooden Batik of Handicraft and Furniture Surakarta diperoleh total nilai tertimbang sebesar 4,05 (tinggi) dari penilaian variabel internal perusahaan (kekuatan dan kelemahan) yang berarti masuk dalam kategori pada sumbu vertikal, dan mendapatkan total nilai tertimbang sebesar 3,55 (medium) dari penilaian variabel eksternal perusahaan (peluang dan ancaman) yang berarti masuk ke dalam kategori medium pada sumbu horizontal, maka dapat diketahui posisi unit usaha strategis terletak pada sel pertumbuhan selektif. Kata kunci: Analisis SWOT dan Matrik Daya Tarik Industri 2006 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11117/1/Hal_depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11117/2/Bab_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11117/3/Bab_2_dan_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11117/4/Bab_4_dan_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11117/5/Dapus.pdf MUSTOFA, MUHAMAD ICHSAN (2006) STRATEGI PEMASARAN BISNIS BATIK KAYU PADA PERUSAHAAN PSYCHO ART WOODEN BATIK OF HANDICRAFT AND FURNITURE SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . B100020123
spellingShingle HB Economic Theory
MUSTOFA, MUHAMAD ICHSAN
STRATEGI PEMASARAN BISNIS BATIK KAYU PADA PERUSAHAAN PSYCHO ART WOODEN BATIK OF HANDICRAFT AND FURNITURE SURAKARTA
title STRATEGI PEMASARAN BISNIS BATIK KAYU PADA PERUSAHAAN PSYCHO ART WOODEN BATIK OF HANDICRAFT AND FURNITURE SURAKARTA
title_full STRATEGI PEMASARAN BISNIS BATIK KAYU PADA PERUSAHAAN PSYCHO ART WOODEN BATIK OF HANDICRAFT AND FURNITURE SURAKARTA
title_fullStr STRATEGI PEMASARAN BISNIS BATIK KAYU PADA PERUSAHAAN PSYCHO ART WOODEN BATIK OF HANDICRAFT AND FURNITURE SURAKARTA
title_full_unstemmed STRATEGI PEMASARAN BISNIS BATIK KAYU PADA PERUSAHAAN PSYCHO ART WOODEN BATIK OF HANDICRAFT AND FURNITURE SURAKARTA
title_short STRATEGI PEMASARAN BISNIS BATIK KAYU PADA PERUSAHAAN PSYCHO ART WOODEN BATIK OF HANDICRAFT AND FURNITURE SURAKARTA
title_sort strategi pemasaran bisnis batik kayu pada perusahaan psycho art wooden batik of handicraft and furniture surakarta
topic HB Economic Theory
url https://eprints.ums.ac.id/11117/
work_keys_str_mv AT mustofamuhamadichsan strategipemasaranbisnisbatikkayupadaperusahaanpsychoartwoodenbatikofhandicraftandfurnituresurakarta