ANALISIS PENGARUH PERIKLANAN DAN PERSONAL SELLING TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PUPUK PADA KUD SAMBI BOYOLALI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh periklanan dan personal selling terhadap peningkatan volume penjualan pupuk pada KUD Sambi. Selanjutnya hipotesis dari penelitian ini yaitu diduga terdapat pengaruh antara periklanan dan personal selling terhadap peningkatan volume penjualan pupu...
Gorde:
Egile nagusia: | |
---|---|
Formatua: | Thesis |
Hizkuntza: | English English English English English English English English |
Argitaratua: |
2007
|
Gaiak: | |
Sarrera elektronikoa: | https://eprints.ums.ac.id/11115/ |
Etiketak: |
Etiketa erantsi
Etiketarik gabe, Izan zaitez lehena erregistro honi etiketa jartzen!
|
Gaia: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh periklanan dan personal
selling terhadap peningkatan volume penjualan pupuk pada KUD Sambi. Selanjutnya
hipotesis dari penelitian ini yaitu diduga terdapat pengaruh antara periklanan dan
personal selling terhadap peningkatan volume penjualan pupuk pada KUD Sambi
dan diduga periklanan mempunyai pengaruh paling besar terhadap peningkatan
volume penjualan pupuk pada KUD Sambi.
Untuk menguji hipotesis di atas dilakukan dengan menggunakan alat analisis
berupa analisis regresi berganda, uji statistik meliputi uji t dan uji F dan uji koefisien
determinasi (R2).
Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi sebagai
berikut:
Y = 56.000.000 + 291,667X1 + 10,172X2
Dari persamaan tersebut berarti volume penjualan dipengaruhi oleh biaya periklanan
dan biaya personal selling
Hasil dari uji t menunjukkan bahwa biaya periklanan dan biaya personal
selling mempunyai pengaruh secara persial terhadap peningkatan volume penjualan.
Nilai thitung untuk biaya periklanan sebesar 4,094 dan untuk personal selling sebesar
2,465
Hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel (25,047 > 5,32) artinya biaya
periklanan dan biaya personal selling mempunyai pengaruh secara bersama-sama
terhadap peningkatan volume penjualan.
Sedangkan hasil analisis koefisien determinasi (R2) menunjukkan 73,4%
variasi variabel peningkatan volume penjualan dijelaskan oleh variabel biaya
periklanan dan personal selling. Sisanya sebesar 26,6% dijelaskan oleh variabel lain
yang tidak masuk dalam model.
Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka hipotesis yang mengutamakan
ada pengaruh antara periklanan dan personal selling terhadap peningkatan volume
penjualan pupuk pada KUD Sambi terbukti kebenarannya. Sedangkan variabel yang
mempunyai pengaruh paling besar terhadap peningkatan volume penjualan pupuk
pada KUD Sambi adalah periklanan terbukti kebenarannya. |
---|