ANALISIS PENGARUH PERIKLANAN DAN PERSONAL SELLING TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PUPUK PADA KUD SAMBI BOYOLALI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh periklanan dan personal selling terhadap peningkatan volume penjualan pupuk pada KUD Sambi. Selanjutnya hipotesis dari penelitian ini yaitu diduga terdapat pengaruh antara periklanan dan personal selling terhadap peningkatan volume penjualan pupu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: APRILIA, RULI TRINA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11115/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh periklanan dan personal selling terhadap peningkatan volume penjualan pupuk pada KUD Sambi. Selanjutnya hipotesis dari penelitian ini yaitu diduga terdapat pengaruh antara periklanan dan personal selling terhadap peningkatan volume penjualan pupuk pada KUD Sambi dan diduga periklanan mempunyai pengaruh paling besar terhadap peningkatan volume penjualan pupuk pada KUD Sambi. Untuk menguji hipotesis di atas dilakukan dengan menggunakan alat analisis berupa analisis regresi berganda, uji statistik meliputi uji t dan uji F dan uji koefisien determinasi (R2). Hasil analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Y = 56.000.000 + 291,667X1 + 10,172X2 Dari persamaan tersebut berarti volume penjualan dipengaruhi oleh biaya periklanan dan biaya personal selling Hasil dari uji t menunjukkan bahwa biaya periklanan dan biaya personal selling mempunyai pengaruh secara persial terhadap peningkatan volume penjualan. Nilai thitung untuk biaya periklanan sebesar 4,094 dan untuk personal selling sebesar 2,465 Hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel (25,047 > 5,32) artinya biaya periklanan dan biaya personal selling mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap peningkatan volume penjualan. Sedangkan hasil analisis koefisien determinasi (R2) menunjukkan 73,4% variasi variabel peningkatan volume penjualan dijelaskan oleh variabel biaya periklanan dan personal selling. Sisanya sebesar 26,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak masuk dalam model. Berdasarkan hasil analisis data tersebut maka hipotesis yang mengutamakan ada pengaruh antara periklanan dan personal selling terhadap peningkatan volume penjualan pupuk pada KUD Sambi terbukti kebenarannya. Sedangkan variabel yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap peningkatan volume penjualan pupuk pada KUD Sambi adalah periklanan terbukti kebenarannya.