ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN PO. PURWO WIDODO DI SIDOHARJO, WONOGIRI

Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui pengaruh variabel harga, fasilitas dan pelayanan secara bersama-sama dan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan Bus PO. Purwo Widodo, 2) Untuk mengetahui variabel yang lebih dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Bus PO. Purwo Widodo. Hipotesis...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WIDHIANTO, ERWAN
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11112/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995253328936960
author WIDHIANTO, ERWAN
author_facet WIDHIANTO, ERWAN
author_sort WIDHIANTO, ERWAN
collection ePrints
description Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui pengaruh variabel harga, fasilitas dan pelayanan secara bersama-sama dan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan Bus PO. Purwo Widodo, 2) Untuk mengetahui variabel yang lebih dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Bus PO. Purwo Widodo. Hipotesis dalam penelitian ini: 1) Diduga variabel harga, fasilitas dan peleyanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Bus PO. Purwo Widodo, 2) Diduga variabel pelayanan merupakan variabel yang memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kepuasan pelanggan Bus PO. Purwo Widodo. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen /pelanggan Bus PO. Purwo Widodo. Sampel yang akan diambil dan diteliti hádala berjumlah seratus orang pelanggan Bus PO. Purwo Widodo dengan pengambilan sampel secara non probability sampling dan teknik incidental sampling. Adapun alat analisis yang digunakan adalah: uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R2). Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan: 1) Hasil analisis regresi dapat diketahui persamaannya : Y= 0,196 + 0,201X1 + 0,352X2 + 0,443X3, artinya bahwa variabel harga, fasilias dan pelayanan mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen /pelanggan Bus PO.Purwo Widodo, 2) Berdasar analisis uji t, didapatkan nilai thitung untuk harga sebesar 2,641 > ttabel (1,990), variabel fasilitas didapatkan thitung (4, 166) > (1,990), variabel pelayanan didapatkan thitung (5,609) > ttabel (1,990), artinya semakin semakin baik penetapan harga, fasilitas dan pelayanan yang diberikan maka semakin baik dan naik pula kepuasan konsumen dan variabel pelayanan merupakan variabel yang faktor yang dominan pengaruhnya. Uji t tersebut membuktikan bahwa hipotesis kedua (Ha2) terbukti kebenarannya, 3) Uji F diperoleh Fhitung > Ftabel ; 34,057 > 2,170 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara variabel harga, fasilitas, dan pelayanan terhadap variabel kepuasan konsumen secara stimultan. Berarti hiotesis pertama (Ha1) terbukti kebenaranya, 4) Analisis koefisien determinasi (R2) sebesar 0,516 artinya bahwa 51,60 % variasi variabel kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh variabel harga, fasilitas dan pelayanan sedangkan sisanya yaitu 48,40 % tidak dijelaskan dalam penelitian ini, misalnya tempat yang strategis, jarak tempuh konsumen dengan agen bus, dan lain-lain. Kata Kunci: Harga, Fasilitas, Pelayanan, Kepuasan konsumen.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11112
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11112 https://eprints.ums.ac.id/11112/ ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN PO. PURWO WIDODO DI SIDOHARJO, WONOGIRI WIDHIANTO, ERWAN HD Management, Business and Labor HE Communications Tujuan penelitian: 1) Untuk mengetahui pengaruh variabel harga, fasilitas dan pelayanan secara bersama-sama dan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan Bus PO. Purwo Widodo, 2) Untuk mengetahui variabel yang lebih dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Bus PO. Purwo Widodo. Hipotesis dalam penelitian ini: 1) Diduga variabel harga, fasilitas dan peleyanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan Bus PO. Purwo Widodo, 2) Diduga variabel pelayanan merupakan variabel yang memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap kepuasan pelanggan Bus PO. Purwo Widodo. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen /pelanggan Bus PO. Purwo Widodo. Sampel yang akan diambil dan diteliti hádala berjumlah seratus orang pelanggan Bus PO. Purwo Widodo dengan pengambilan sampel secara non probability sampling dan teknik incidental sampling. Adapun alat analisis yang digunakan adalah: uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi (R2). Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan: 1) Hasil analisis regresi dapat diketahui persamaannya : Y= 0,196 + 0,201X1 + 0,352X2 + 0,443X3, artinya bahwa variabel harga, fasilias dan pelayanan mempunyai pengaruh positif terhadap kepuasan konsumen /pelanggan Bus PO.Purwo Widodo, 2) Berdasar analisis uji t, didapatkan nilai thitung untuk harga sebesar 2,641 > ttabel (1,990), variabel fasilitas didapatkan thitung (4, 166) > (1,990), variabel pelayanan didapatkan thitung (5,609) > ttabel (1,990), artinya semakin semakin baik penetapan harga, fasilitas dan pelayanan yang diberikan maka semakin baik dan naik pula kepuasan konsumen dan variabel pelayanan merupakan variabel yang faktor yang dominan pengaruhnya. Uji t tersebut membuktikan bahwa hipotesis kedua (Ha2) terbukti kebenarannya, 3) Uji F diperoleh Fhitung > Ftabel ; 34,057 > 2,170 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara variabel harga, fasilitas, dan pelayanan terhadap variabel kepuasan konsumen secara stimultan. Berarti hiotesis pertama (Ha1) terbukti kebenaranya, 4) Analisis koefisien determinasi (R2) sebesar 0,516 artinya bahwa 51,60 % variasi variabel kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh variabel harga, fasilitas dan pelayanan sedangkan sisanya yaitu 48,40 % tidak dijelaskan dalam penelitian ini, misalnya tempat yang strategis, jarak tempuh konsumen dengan agen bus, dan lain-lain. Kata Kunci: Harga, Fasilitas, Pelayanan, Kepuasan konsumen. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11112/1/Hal_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11112/4/BAB-01.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11112/6/BAB_02-03.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11112/13/BAB-04-05-ERWAN_W-UMS.PDF application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11112/10/Lampiran.pdf WIDHIANTO, ERWAN (2007) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN PO. PURWO WIDODO DI SIDOHARJO, WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B100030047
spellingShingle HD Management, Business and Labor
HE Communications
WIDHIANTO, ERWAN
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN PO. PURWO WIDODO DI SIDOHARJO, WONOGIRI
title ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN PO. PURWO WIDODO DI SIDOHARJO, WONOGIRI
title_full ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN PO. PURWO WIDODO DI SIDOHARJO, WONOGIRI
title_fullStr ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN PO. PURWO WIDODO DI SIDOHARJO, WONOGIRI
title_full_unstemmed ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN PO. PURWO WIDODO DI SIDOHARJO, WONOGIRI
title_short ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PELANGGAN PO. PURWO WIDODO DI SIDOHARJO, WONOGIRI
title_sort analisis faktor faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan po purwo widodo di sidoharjo wonogiri
topic HD Management, Business and Labor
HE Communications
url https://eprints.ums.ac.id/11112/
work_keys_str_mv AT widhiantoerwan analisisfaktorfaktoryangmempengaruhikepuasanpelangganpopurwowidododisidoharjowonogiri