ANALISIS PENGARUH PERIKLANAN DAN PERSONAL SELLING TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA DEALER MOTOR HONDA “ALFA MOTOR” YOGYAKARTA

Penelitian ini berjudul analisis pengaruh periklanan dan personal selling terhadap volume penjualan pada dealer motor Honda Alfa Motor Yogyakarta. Variable dependennya adalah volume penjualan dan variable independennya adalah biaya periklanan dan b...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Alhaq, Kunna Mujaddidah
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11101/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995250297503744
author Alhaq, Kunna Mujaddidah
author_facet Alhaq, Kunna Mujaddidah
author_sort Alhaq, Kunna Mujaddidah
collection ePrints
description Penelitian ini berjudul analisis pengaruh periklanan dan personal selling terhadap volume penjualan pada dealer motor Honda Alfa Motor Yogyakarta. Variable dependennya adalah volume penjualan dan variable independennya adalah biaya periklanan dan biaya personal selling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui derajat hubungan antara factor-faktor yang mempengaruhi penjualan secara individu atau secara bersama-sama. Untuk mengetahui faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi volume penjualan dan berapakah derajat pengaruhnya. Untuk mengenalisa pengaruh tersebut digunakan analisis regresi berganda, uji t, uji F, uji determinasi dan untuk mengetahui kelayakan data yang akan diuji, maka data variable penelitian diuji terlebih dahulu dengan uji asumsi klasik. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder meliputi data tentang volume penjualan biaya periklanan dan biaya personal selling tahun 2003 sampai dengan 2006. Dari hasil uji asumsi klasik, dalam data tidak ditemukan adanya multikolinieritas, otokorelasi, dan heterokedastisitas, data bersifat linier dan semua data variabel penelitian berdistribusi normal. Hasil pengujian statistik dan analisis regresi berganda diketahui diperoleh persamaan : Y = 7,347 + 4,079 X1 + 30,763 X2 Sedangkan dengan pengujian statistic (uji t) diketahui bahwa biaya periklanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan, begitu juga biaya personal selling berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan. Dari uji F diketahui bahwa variabel independen secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen. Nilai koefisien determinasi adalah sebesar 0,892 berarti 89,2% variasi variabel dependen (volume penjualan) dapat dijelaskan oleh variasi variabel independent (periklanan dan personal selling), sedangkan sisanya 10,8% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak masuk dalam model.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11101
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11101 https://eprints.ums.ac.id/11101/ ANALISIS PENGARUH PERIKLANAN DAN PERSONAL SELLING TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA DEALER MOTOR HONDA “ALFA MOTOR” YOGYAKARTA Alhaq, Kunna Mujaddidah HB Economic Theory Penelitian ini berjudul analisis pengaruh periklanan dan personal selling terhadap volume penjualan pada dealer motor Honda Alfa Motor Yogyakarta. Variable dependennya adalah volume penjualan dan variable independennya adalah biaya periklanan dan biaya personal selling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui derajat hubungan antara factor-faktor yang mempengaruhi penjualan secara individu atau secara bersama-sama. Untuk mengetahui faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi volume penjualan dan berapakah derajat pengaruhnya. Untuk mengenalisa pengaruh tersebut digunakan analisis regresi berganda, uji t, uji F, uji determinasi dan untuk mengetahui kelayakan data yang akan diuji, maka data variable penelitian diuji terlebih dahulu dengan uji asumsi klasik. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder meliputi data tentang volume penjualan biaya periklanan dan biaya personal selling tahun 2003 sampai dengan 2006. Dari hasil uji asumsi klasik, dalam data tidak ditemukan adanya multikolinieritas, otokorelasi, dan heterokedastisitas, data bersifat linier dan semua data variabel penelitian berdistribusi normal. Hasil pengujian statistik dan analisis regresi berganda diketahui diperoleh persamaan : Y = 7,347 + 4,079 X1 + 30,763 X2 Sedangkan dengan pengujian statistic (uji t) diketahui bahwa biaya periklanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan, begitu juga biaya personal selling berpengaruh positif dan signifikan terhadap volume penjualan. Dari uji F diketahui bahwa variabel independen secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependen. Nilai koefisien determinasi adalah sebesar 0,892 berarti 89,2% variasi variabel dependen (volume penjualan) dapat dijelaskan oleh variasi variabel independent (periklanan dan personal selling), sedangkan sisanya 10,8% dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak masuk dalam model. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11101/1/Hal_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11101/2/BAB_I_SKRIPSI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11101/3/BAB_II_SKRIPSI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11101/4/BAB_III_SKRIPSI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11101/5/BAB_IV_SKRIPSI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11101/9/BAB_V_SKRIPSI.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11101/11/DAFTAR_KEPUSTAKAAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11101/14/Lampiran.pdf Alhaq, Kunna Mujaddidah (2007) ANALISIS PENGARUH PERIKLANAN DAN PERSONAL SELLING TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA DEALER MOTOR HONDA “ALFA MOTOR” YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . B100020071
spellingShingle HB Economic Theory
Alhaq, Kunna Mujaddidah
ANALISIS PENGARUH PERIKLANAN DAN PERSONAL SELLING TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA DEALER MOTOR HONDA “ALFA MOTOR” YOGYAKARTA
title ANALISIS PENGARUH PERIKLANAN DAN PERSONAL SELLING TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA DEALER MOTOR HONDA “ALFA MOTOR” YOGYAKARTA
title_full ANALISIS PENGARUH PERIKLANAN DAN PERSONAL SELLING TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA DEALER MOTOR HONDA “ALFA MOTOR” YOGYAKARTA
title_fullStr ANALISIS PENGARUH PERIKLANAN DAN PERSONAL SELLING TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA DEALER MOTOR HONDA “ALFA MOTOR” YOGYAKARTA
title_full_unstemmed ANALISIS PENGARUH PERIKLANAN DAN PERSONAL SELLING TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA DEALER MOTOR HONDA “ALFA MOTOR” YOGYAKARTA
title_short ANALISIS PENGARUH PERIKLANAN DAN PERSONAL SELLING TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA DEALER MOTOR HONDA “ALFA MOTOR” YOGYAKARTA
title_sort analisis pengaruh periklanan dan personal selling terhadap volume penjualan pada dealer motor honda alfa motor yogyakarta
topic HB Economic Theory
url https://eprints.ums.ac.id/11101/
work_keys_str_mv AT alhaqkunnamujaddidah analisispengaruhperiklanandanpersonalsellingterhadapvolumepenjualanpadadealermotorhondaalfamotoryogyakarta