PENGARUH PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN PUBLIC RELATIONS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MIE AYAM TUNGGAL RASA DI SURAKARTA (Studi Kasus Mie Ayam Tunggal Rasa Eddy Group)

Kepuasan pelanggan menentukan terbentuknya loyalitas pelanggan. Dalam hal ini Perlindungan Konsumen dan Public Relations merupakan salah satu bentuk layanan yang mendukung terciptanya kepuasan pelanggan. Demikian salah satu kesimpulan hasil skripsi berjudul : PENGARUH PERLINDUNGAN KONSUMEN...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUSIYANTO , SUSIYANTO
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11100/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995250022776832
author SUSIYANTO , SUSIYANTO
author_facet SUSIYANTO , SUSIYANTO
author_sort SUSIYANTO , SUSIYANTO
collection ePrints
description Kepuasan pelanggan menentukan terbentuknya loyalitas pelanggan. Dalam hal ini Perlindungan Konsumen dan Public Relations merupakan salah satu bentuk layanan yang mendukung terciptanya kepuasan pelanggan. Demikian salah satu kesimpulan hasil skripsi berjudul : PENGARUH PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN PUBLIC RELATIONS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MIE AYAM TUNGGAL RASA DI SURAKARTA. Ada pun dalam penelitian ini peneliti bertitik tolak dari hipotesis sebagai berikut : 1). Ada pengaruh Perlindungan Konsumen terhadap Kepuasan Pelanggan. 2). Ada pengaruh Public Relations terhadap Kepuasan Pelanggan. 3). Ada pengaruh Perlindungan Konsumen dan Public Relations secara bersama- sama terhadap Kepuasan Pelanggan. Berdasarkan persamaan koefisien regresi berganda yang diperoleh adalah sebagai berikut: Y = 1,292 + 0,481x1 + 0,384 x2 Dengan demikian, maka dapat diketahui variable yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) adalah variable Perlindungan Konsumen (x1) disebabkan koefisien regresinya paling besar. Berdasarkan uji normalitas menunjukkan bahwa nilai p masing-maing variabel lebih besar dari 0,05 maka data variabel tersebut tersebut memiliki distribusi normal. Berdasarkan hasil analisis diketahui nilai D-W = 1,710, dengan demikian data dalam variabel untuk pengujian regresi tidak terdapat autokorelasi. Berdasarkan hasil uji multikolinearitas diketahui bahwa korelasi antara masing-masing variabel independen tidak ada yang melebihi nilai 0.99, dengan demikian tidak terdapat multikolinieritas Uji t terhadap Variabel Perlindungan Konsumen diperoleh hasil bahwa Karena thitung > ttabel (5,437 > 1,98) maka Ho ditolak berarti ada pengaruh positif yang signifikan antara perlindungan konsumen terhadap kepuasan konsumen. Sementara itu uji t terhadap variabel Public Relations diperoleh hasil bahwa thitung > ttabel (4,343 > 1,98) maka Ho ditolak berarti ada pengaruh positif yang signifikan antara Public Relations terhadap kepuasan konsumen. Dari uji F diperoleh hasil bahwa Fhitung > Ftabel (89,837 > 3,23), maka Ho ditolak berarti ada pengaruh yang signifikan perlindungan konsumen dan public relation secara simultan terhadap kepuasan konsumen Dari koefisien determinasi diperoleh R square = 0,649 yang menunjukkan variabel perlindungan konsumen dan public relation berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 64,9%. Sedangkan sisanya yaitu 35,1 % (100 – 64,9) berasal dari pengaruh faktor-faktor lain di luar variabel perlindungan konsumen dan Public Relations. Dalam beberapa penelitian sebelumnya diperoleh kesimpulan bahwa Public Relations berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan. Dengan demikian dalam penelitian ini hal tersebut terbukti kembali bahwa Public Relations berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11100
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11100 https://eprints.ums.ac.id/11100/ PENGARUH PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN PUBLIC RELATIONS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MIE AYAM TUNGGAL RASA DI SURAKARTA (Studi Kasus Mie Ayam Tunggal Rasa Eddy Group) SUSIYANTO , SUSIYANTO HB Economic Theory Kepuasan pelanggan menentukan terbentuknya loyalitas pelanggan. Dalam hal ini Perlindungan Konsumen dan Public Relations merupakan salah satu bentuk layanan yang mendukung terciptanya kepuasan pelanggan. Demikian salah satu kesimpulan hasil skripsi berjudul : PENGARUH PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN PUBLIC RELATIONS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MIE AYAM TUNGGAL RASA DI SURAKARTA. Ada pun dalam penelitian ini peneliti bertitik tolak dari hipotesis sebagai berikut : 1). Ada pengaruh Perlindungan Konsumen terhadap Kepuasan Pelanggan. 2). Ada pengaruh Public Relations terhadap Kepuasan Pelanggan. 3). Ada pengaruh Perlindungan Konsumen dan Public Relations secara bersama- sama terhadap Kepuasan Pelanggan. Berdasarkan persamaan koefisien regresi berganda yang diperoleh adalah sebagai berikut: Y = 1,292 + 0,481x1 + 0,384 x2 Dengan demikian, maka dapat diketahui variable yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) adalah variable Perlindungan Konsumen (x1) disebabkan koefisien regresinya paling besar. Berdasarkan uji normalitas menunjukkan bahwa nilai p masing-maing variabel lebih besar dari 0,05 maka data variabel tersebut tersebut memiliki distribusi normal. Berdasarkan hasil analisis diketahui nilai D-W = 1,710, dengan demikian data dalam variabel untuk pengujian regresi tidak terdapat autokorelasi. Berdasarkan hasil uji multikolinearitas diketahui bahwa korelasi antara masing-masing variabel independen tidak ada yang melebihi nilai 0.99, dengan demikian tidak terdapat multikolinieritas Uji t terhadap Variabel Perlindungan Konsumen diperoleh hasil bahwa Karena thitung > ttabel (5,437 > 1,98) maka Ho ditolak berarti ada pengaruh positif yang signifikan antara perlindungan konsumen terhadap kepuasan konsumen. Sementara itu uji t terhadap variabel Public Relations diperoleh hasil bahwa thitung > ttabel (4,343 > 1,98) maka Ho ditolak berarti ada pengaruh positif yang signifikan antara Public Relations terhadap kepuasan konsumen. Dari uji F diperoleh hasil bahwa Fhitung > Ftabel (89,837 > 3,23), maka Ho ditolak berarti ada pengaruh yang signifikan perlindungan konsumen dan public relation secara simultan terhadap kepuasan konsumen Dari koefisien determinasi diperoleh R square = 0,649 yang menunjukkan variabel perlindungan konsumen dan public relation berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan sebesar 64,9%. Sedangkan sisanya yaitu 35,1 % (100 – 64,9) berasal dari pengaruh faktor-faktor lain di luar variabel perlindungan konsumen dan Public Relations. Dalam beberapa penelitian sebelumnya diperoleh kesimpulan bahwa Public Relations berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan. Dengan demikian dalam penelitian ini hal tersebut terbukti kembali bahwa Public Relations berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11100/1/Hal_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11100/3/BAB_I_PENDAHULUAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11100/4/BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11100/7/BAB_III_METODOLOGI_PENELITIAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11100/9/BAB_IV_PELAKSANAAN_DAN_HASIL_PENELITIAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11100/11/BAB_V_PENUTUP.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11100/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11100/15/Lampiran.pdf SUSIYANTO , SUSIYANTO (2007) PENGARUH PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN PUBLIC RELATIONS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MIE AYAM TUNGGAL RASA DI SURAKARTA (Studi Kasus Mie Ayam Tunggal Rasa Eddy Group). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . B100020069
spellingShingle HB Economic Theory
SUSIYANTO , SUSIYANTO
PENGARUH PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN PUBLIC RELATIONS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MIE AYAM TUNGGAL RASA DI SURAKARTA (Studi Kasus Mie Ayam Tunggal Rasa Eddy Group)
title PENGARUH PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN PUBLIC RELATIONS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MIE AYAM TUNGGAL RASA DI SURAKARTA (Studi Kasus Mie Ayam Tunggal Rasa Eddy Group)
title_full PENGARUH PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN PUBLIC RELATIONS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MIE AYAM TUNGGAL RASA DI SURAKARTA (Studi Kasus Mie Ayam Tunggal Rasa Eddy Group)
title_fullStr PENGARUH PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN PUBLIC RELATIONS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MIE AYAM TUNGGAL RASA DI SURAKARTA (Studi Kasus Mie Ayam Tunggal Rasa Eddy Group)
title_full_unstemmed PENGARUH PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN PUBLIC RELATIONS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MIE AYAM TUNGGAL RASA DI SURAKARTA (Studi Kasus Mie Ayam Tunggal Rasa Eddy Group)
title_short PENGARUH PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN PUBLIC RELATIONS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MIE AYAM TUNGGAL RASA DI SURAKARTA (Studi Kasus Mie Ayam Tunggal Rasa Eddy Group)
title_sort pengaruh perlindungan konsumen dan public relations terhadap kepuasan pelanggan mie ayam tunggal rasa di surakarta studi kasus mie ayam tunggal rasa eddy group
topic HB Economic Theory
url https://eprints.ums.ac.id/11100/
work_keys_str_mv AT susiyantosusiyanto pengaruhperlindungankonsumendanpublicrelationsterhadapkepuasanpelangganmieayamtunggalrasadisurakartastudikasusmieayamtunggalrasaeddygroup