ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH SAKIT ISLAM SURAKARTA

Tujuan dari penelitian: 1) Mengetahui kesenjangan/gap antara kualitas pelayanan yang diberikan dengan harapan konsumen pada Lembaga KBIH Armina di Malang; 2) Mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan ( tangibles, reliabilitas, responsiveness, assurance, dan empathy) terhadap kepuasan konsu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: AUDI, EDO RIAUNAL
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
Published: 2006
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11094/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995248360783872
author AUDI, EDO RIAUNAL
author_facet AUDI, EDO RIAUNAL
author_sort AUDI, EDO RIAUNAL
collection ePrints
description Tujuan dari penelitian: 1) Mengetahui kesenjangan/gap antara kualitas pelayanan yang diberikan dengan harapan konsumen pada Lembaga KBIH Armina di Malang; 2) Mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan ( tangibles, reliabilitas, responsiveness, assurance, dan empathy) terhadap kepuasan konsumen pada Lembaga KBIH Armina di Malang; 3) Mengetahui dimensi kualitas pelayanan yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap kepuasan konsumen. Hipotesis dalam penelitian ini: 1) Diduga terdapat kesenjangan/gap antara kualitas pelayanan yang diberikan dengan harapan konsumen pada Lembaga KBIH Armina di Malang; 2) Diduga terdapat pengaruh dimensi kualitas pelayanan (tangibles, reliabilitas, responsiveness, assurance, dan empathy) terhadap kepuasan konsumen pada Lembaga KBIH Armina di Malang; 3) Diduga ada dimensi kualitas pelayanan yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna jasa KBIH Armina di Malang. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 100 responden para pemakai jasa di KBIH Armina di Malang. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling dan convinence sampling. Adapun alat analisis yang digunakan adalah: uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, uji Gap, regresi berganda, uji t, dan uji F. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan : 1) Hasil perhitungan gap diketahui bahwa: a) Dimensi tangible atau fasilitas fisik menunjukkan bahwa gap atau kesenjangan berdasarkan penilaian konsumen sebesar –0,320; b) Dimensi reliability atau keandalan menunjukkan bahwa gap atau kesenjangan berdasarkan penilaian konsumen sebesar 0,180; c) Dimensi responseveness atau daya tanggap menunjukkan bahwa gap atau kesenjangan berdasarkan penilaian konsumen sebesar –0,020; d) Dimensi assurance atau jaminan menunjukkan bahwa gap atau kesenjangan berdasarkan penilaian konsumen sebesar –0,080; e) Dimensi empathy atau empati menunjukkan bahwa gap atau kesenjangan berdasarkan penilaian konsumen sebesar –0,070. 2) Dari hasil perhitungan uji t terlihat bahwa kelima variabel tersebut, ternyata variabel tangible (X1) sebesar 1,740 dan diketahui ttabel sebesar 0,025 : 100 – 5 = 1,96 (thitung £ t tabel), atau nilai t signifikan sebesar 0,085 (tsignifikan > 0,05), dengan demikian tangible (X1) terbukti tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Untuk variabel reliability (X2) t hitung > t tabel, atau nilai t signifikan sebesar 0,001 (tsignifikan < 0,05), sehingga variabel reliability (X2) terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen (Y). Untuk variabel responseveness (X3) diketahui t hitung > ttabel, atau nilai t signifikan sebesar 0,003 (tsignifikan < 0,05), maka variabel responsevenes (X3) terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen (Y). Untuk variabel assurance (X4) diketahui t hitung > t tabel, atau nilai t signifikan sebesar 0,012 (tsignifikan < 0,05), sehingga assurance (X4) terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen (Y). Untuk variabel empathy (X5) diketahui thitung > ttabel, atau nilai tsignifikan sebesar 0,014 (tsignifikan < 0,05), dengan empathy (X5) terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen (Y); 3) Dari hasil uji F dengan level of significant sebesar 0,05, diperoleh Fhit 11,622. Ftabel sebesar 0,05 ; 5 ; 10 – 5 – 1 = 2,29 (Fhitung > Ftabel), atau terlihat nilai probabilitas 0,000. Dengan demikian terbukti bahwa ada pengaruh yang signifikan dari dimensi servqual yaitu Tangible (X1), Reliability (X2), Responseveness (X3), Assurance (X4) dan Empathy (X5) secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen (Y).
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11094
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
publishDate 2006
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11094 https://eprints.ums.ac.id/11094/ ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH SAKIT ISLAM SURAKARTA AUDI, EDO RIAUNAL HB Economic Theory Tujuan dari penelitian: 1) Mengetahui kesenjangan/gap antara kualitas pelayanan yang diberikan dengan harapan konsumen pada Lembaga KBIH Armina di Malang; 2) Mengetahui pengaruh dimensi kualitas pelayanan ( tangibles, reliabilitas, responsiveness, assurance, dan empathy) terhadap kepuasan konsumen pada Lembaga KBIH Armina di Malang; 3) Mengetahui dimensi kualitas pelayanan yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap kepuasan konsumen. Hipotesis dalam penelitian ini: 1) Diduga terdapat kesenjangan/gap antara kualitas pelayanan yang diberikan dengan harapan konsumen pada Lembaga KBIH Armina di Malang; 2) Diduga terdapat pengaruh dimensi kualitas pelayanan (tangibles, reliabilitas, responsiveness, assurance, dan empathy) terhadap kepuasan konsumen pada Lembaga KBIH Armina di Malang; 3) Diduga ada dimensi kualitas pelayanan yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap kepuasan konsumen. Populasi dalam penelitian ini adalah para pengguna jasa KBIH Armina di Malang. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 100 responden para pemakai jasa di KBIH Armina di Malang. Teknik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling dan convinence sampling. Adapun alat analisis yang digunakan adalah: uji validitas, uji reliabilitas, koefisien korelasi, uji Gap, regresi berganda, uji t, dan uji F. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan : 1) Hasil perhitungan gap diketahui bahwa: a) Dimensi tangible atau fasilitas fisik menunjukkan bahwa gap atau kesenjangan berdasarkan penilaian konsumen sebesar –0,320; b) Dimensi reliability atau keandalan menunjukkan bahwa gap atau kesenjangan berdasarkan penilaian konsumen sebesar 0,180; c) Dimensi responseveness atau daya tanggap menunjukkan bahwa gap atau kesenjangan berdasarkan penilaian konsumen sebesar –0,020; d) Dimensi assurance atau jaminan menunjukkan bahwa gap atau kesenjangan berdasarkan penilaian konsumen sebesar –0,080; e) Dimensi empathy atau empati menunjukkan bahwa gap atau kesenjangan berdasarkan penilaian konsumen sebesar –0,070. 2) Dari hasil perhitungan uji t terlihat bahwa kelima variabel tersebut, ternyata variabel tangible (X1) sebesar 1,740 dan diketahui ttabel sebesar 0,025 : 100 – 5 = 1,96 (thitung £ t tabel), atau nilai t signifikan sebesar 0,085 (tsignifikan > 0,05), dengan demikian tangible (X1) terbukti tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen. Untuk variabel reliability (X2) t hitung > t tabel, atau nilai t signifikan sebesar 0,001 (tsignifikan < 0,05), sehingga variabel reliability (X2) terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen (Y). Untuk variabel responseveness (X3) diketahui t hitung > ttabel, atau nilai t signifikan sebesar 0,003 (tsignifikan < 0,05), maka variabel responsevenes (X3) terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen (Y). Untuk variabel assurance (X4) diketahui t hitung > t tabel, atau nilai t signifikan sebesar 0,012 (tsignifikan < 0,05), sehingga assurance (X4) terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen (Y). Untuk variabel empathy (X5) diketahui thitung > ttabel, atau nilai tsignifikan sebesar 0,014 (tsignifikan < 0,05), dengan empathy (X5) terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen (Y); 3) Dari hasil uji F dengan level of significant sebesar 0,05, diperoleh Fhit 11,622. Ftabel sebesar 0,05 ; 5 ; 10 – 5 – 1 = 2,29 (Fhitung > Ftabel), atau terlihat nilai probabilitas 0,000. Dengan demikian terbukti bahwa ada pengaruh yang signifikan dari dimensi servqual yaitu Tangible (X1), Reliability (X2), Responseveness (X3), Assurance (X4) dan Empathy (X5) secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen (Y). 2006 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11094/1/Hal_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11094/2/Bab_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11094/3/Bab_2_dan_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11094/4/Bab_4_dan_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11094/7/Dapus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11094/12/Lampiran.pdf AUDI, EDO RIAUNAL (2006) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH SAKIT ISLAM SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . B100020046
spellingShingle HB Economic Theory
AUDI, EDO RIAUNAL
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH SAKIT ISLAM SURAKARTA
title ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH SAKIT ISLAM SURAKARTA
title_full ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH SAKIT ISLAM SURAKARTA
title_fullStr ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH SAKIT ISLAM SURAKARTA
title_full_unstemmed ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH SAKIT ISLAM SURAKARTA
title_short ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN JASA TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH SAKIT ISLAM SURAKARTA
title_sort analisis pengaruh kualitas pelayanan jasa terhadap tingkat kepuasan konsumen pada rumah sakit islam surakarta
topic HB Economic Theory
url https://eprints.ums.ac.id/11094/
work_keys_str_mv AT audiedoriaunal analisispengaruhkualitaspelayananjasaterhadaptingkatkepuasankonsumenpadarumahsakitislamsurakarta