PENGARUH CITRA SUPERMARKET TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA ALFA GUDANG RABAT PABELAN, SUKOHARJO
Dampak krisis ekonomi multi dimensi belum usai, bangsa Indonesia telah dibebani lagi dengan kenaikan harga minyak dipenghujung tahun 2005, pemutusan hubungan kerja dengan dalih perampingan dan efisiensi, kemiskinan meningkat drastis, dan daya beli masyarakat menurun. Bagi kalangan pengusaha ya...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2006
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11089/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Dampak krisis ekonomi multi dimensi belum usai, bangsa Indonesia telah
dibebani lagi dengan kenaikan harga minyak dipenghujung tahun 2005, pemutusan
hubungan kerja dengan dalih perampingan dan efisiensi, kemiskinan meningkat
drastis, dan daya beli masyarakat menurun. Bagi kalangan pengusaha yang bergerak
dibidang retail, menurunnya daya beli masyarakat merupakan ancaman bagi
kelangsungan hidup perusahaan. Penurunan daya beli masyarakat terhadap barang
atau jasa akan berpengaruh pada penjualan dan laba perusahaan. Oleh karena itu bagi
perusahaan yang bergerak pada bidang retail, diperlukan strategi agar dapat
mempertahankan dan menarik konsumen. Salah satu strategi agar suatu organisasi
mampu bersaing adalah dengan membangun citra yang baik di mata konsumen
maupun publik, karena citra dapat mempengaruhi proses pembelian suatu produk atau
jasa. Oleh karena itu, citra menjadi faktor penting bagi keberhasilan pemasaran suatu
organisasi. Terciptanya citra yang baik bagi suatu organisasi diharapkan dapat
mempengaruhi perilaku konsumen khususnya loyalitas konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel Citra Supermarket
yang terdiri atas variabel harga, pelayanan, kualitas dan lingkungan fisik dalam
mempengaruhi Loyalitas Konsumen. Untuk menguji penelitian ini peneliti
mengambil 100 sampel dengan teknik convenience sampling yang mewakili populasi
konsumen di Perusahaan Retail Alfa gudang rabat pabelan, kartosuro,Sukoharjo.
Untuk mengumpulkan data dari konsumen dan menilai persepsi dan perilaku mereka
atas strategi yang diterapkan oleh Alfa Gudang Rabat, peneliti mendapatkan data
tersebut dengan menyebar kuesioner. Kemudian data diperoleh dan dilakukan uji
instrumen data (uji validitas dan reliabilitas) terhadap data yang diperoleh. Setelah
data yang mewakili variabel penelitian valid dan reliabel kemudian untuk
memperoleh nilai yang mendukung tujuan penelitian ini dilakukan Analisis Regresi
Berganda dan dilakukan uji goodness of fit test.
Dari analisis yang dilakukan yang meliputi analisis deskriptif dan analisis data
diperoleh deskripsi data mengenai responden. Diperoleh juga hasil regresi berganda,
yaitu: Y = -0,142 + 0,135 X1 + 0,229 X2 + 0,297 X3 + 0,462 X4 dari analisis
penelitian ini diketahui bahwa variabel independen dalam penelitian ini
mempengaruhi secara positif terhadap variabel dependen. Hasil uji goodness of fit test
menunjukkan bahwa model penelitian ini mampu memprediksi variabel dependen (uji
F), karena nilai Fhitung > nilai Ftabel (41,239 > 2,68) dan koefisien regresi variabel
independen juga signifikan mempengaruhi variabel dependen (uji t), karena semua
nilai thitung > nilai ttabel (2.049 > 1,985; 2.346 > 1,985; 4.034 > 1,985; 6.158 > 1,985)
dan koefisien determinasi (R2
) sebesar 63,5% menunjukkan variabel independen
(Harga, Pelayanan, Kualitas dan Lingkungan Fisik) memberikan pengaruh yang kuat terhadap pembentukan Loyalitas Konsumen. |
---|