ANALISA TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN PADA RADIO DI WILAYAH SURAKARTA

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen berdasarkan kualitas pelayanan pada Radio di wilayah Surakarta. Populasinya adalah mahakswiskiwa Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan sampel 150 mahasiswa. Hipotesis yang diajukan adalah hipotesis positif korelasi an...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HIDAYAT , ARIF NURUL
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11087/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995246434549760
author HIDAYAT , ARIF NURUL
author_facet HIDAYAT , ARIF NURUL
author_sort HIDAYAT , ARIF NURUL
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen berdasarkan kualitas pelayanan pada Radio di wilayah Surakarta. Populasinya adalah mahakswiskiwa Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan sampel 150 mahasiswa. Hipotesis yang diajukan adalah hipotesis positif korelasi antara variabel dependen dan independen. Variabel independen dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Metode yang digunakan dalam menganalisis adalah: Teknik analisis data dengan regresi linear berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi (R2 ), dan uji asumsi klasik. Dari uji t ini didapat antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dengan masing-masing variabel independen yaitu variabel tangibles sebesar 4,337, variabel reliability sebesar 2,815, variabel responsiveness sebesar 5,908, variabel assurance sebesar -6,007, dan variabel emphaty sebesar 4,680. Dari lima variabel tersebut secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada stasion radio di Surakarta. Dari uji F terdapat signifikansi yaitu F hitung sebesar 33,242 yang lebih besar dari F tabel sebesar 2,27. Maka variabel tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dari Uji Koefisien Determinasi (R2 ) didapat nilai koefisien determinasinya sebesar 0,536 atau 53,6% sedangkan sisanya sebesar 46,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang disebutkan dalam penelitian ini. Uji asumsi klasik menunjukkan bahwa model persamaan regresi bebas dari pelanggaran asumsi klasik, baik dilihat dari uji multikolinieritas, heteroskedastisitas dan autokorelasi. Dan dari uji normalitas menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Jadi hipotesis yang menyatakan bahwa kelima variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan baik secara parsial maupun bersama-sama terhadap kepuasan konsumen itu terbukti.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11087
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11087 https://eprints.ums.ac.id/11087/ ANALISA TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN PADA RADIO DI WILAYAH SURAKARTA HIDAYAT , ARIF NURUL HB Economic Theory Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen berdasarkan kualitas pelayanan pada Radio di wilayah Surakarta. Populasinya adalah mahakswiskiwa Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan sampel 150 mahasiswa. Hipotesis yang diajukan adalah hipotesis positif korelasi antara variabel dependen dan independen. Variabel independen dari penelitian ini adalah kualitas pelayanan yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Metode yang digunakan dalam menganalisis adalah: Teknik analisis data dengan regresi linear berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi (R2 ), dan uji asumsi klasik. Dari uji t ini didapat antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dengan masing-masing variabel independen yaitu variabel tangibles sebesar 4,337, variabel reliability sebesar 2,815, variabel responsiveness sebesar 5,908, variabel assurance sebesar -6,007, dan variabel emphaty sebesar 4,680. Dari lima variabel tersebut secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada stasion radio di Surakarta. Dari uji F terdapat signifikansi yaitu F hitung sebesar 33,242 yang lebih besar dari F tabel sebesar 2,27. Maka variabel tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen. Dari Uji Koefisien Determinasi (R2 ) didapat nilai koefisien determinasinya sebesar 0,536 atau 53,6% sedangkan sisanya sebesar 46,4% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang disebutkan dalam penelitian ini. Uji asumsi klasik menunjukkan bahwa model persamaan regresi bebas dari pelanggaran asumsi klasik, baik dilihat dari uji multikolinieritas, heteroskedastisitas dan autokorelasi. Dan dari uji normalitas menunjukkan bahwa data penelitian berdistribusi normal. Jadi hipotesis yang menyatakan bahwa kelima variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan baik secara parsial maupun bersama-sama terhadap kepuasan konsumen itu terbukti. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11087/1/Halaman_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11087/2/Bab_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11087/3/Bab_II-III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11087/6/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11087/9/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11087/11/Dapus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11087/13/Lampiran.pdf HIDAYAT , ARIF NURUL (2007) ANALISA TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN PADA RADIO DI WILAYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . B100010464
spellingShingle HB Economic Theory
HIDAYAT , ARIF NURUL
ANALISA TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN PADA RADIO DI WILAYAH SURAKARTA
title ANALISA TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN PADA RADIO DI WILAYAH SURAKARTA
title_full ANALISA TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN PADA RADIO DI WILAYAH SURAKARTA
title_fullStr ANALISA TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN PADA RADIO DI WILAYAH SURAKARTA
title_full_unstemmed ANALISA TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN PADA RADIO DI WILAYAH SURAKARTA
title_short ANALISA TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN PADA RADIO DI WILAYAH SURAKARTA
title_sort analisa tingkat kepuasan konsumen berdasarkan kualitas pelayanan pada radio di wilayah surakarta
topic HB Economic Theory
url https://eprints.ums.ac.id/11087/
work_keys_str_mv AT hidayatarifnurul analisatingkatkepuasankonsumenberdasarkankualitaspelayananpadaradiodiwilayahsurakarta