ANALISA TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN BERDASARKAN KUALITAS PELAYANAN PADA RADIO DI WILAYAH SURAKARTA
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen berdasarkan kualitas pelayanan pada Radio di wilayah Surakarta. Populasinya adalah mahakswiskiwa Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan sampel 150 mahasiswa. Hipotesis yang diajukan adalah hipotesis positif korelasi an...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11087/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan konsumen
berdasarkan kualitas pelayanan pada Radio di wilayah Surakarta. Populasinya
adalah mahakswiskiwa Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan sampel 150
mahasiswa.
Hipotesis yang diajukan adalah hipotesis positif korelasi antara variabel
dependen dan independen. Variabel independen dari penelitian ini adalah kualitas
pelayanan yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty.
Metode yang digunakan dalam menganalisis adalah: Teknik analisis data dengan
regresi linear berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi (R2
), dan uji asumsi
klasik.
Dari uji t ini didapat antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan
konsumen dengan masing-masing variabel independen yaitu variabel tangibles
sebesar 4,337, variabel reliability sebesar 2,815, variabel responsiveness sebesar
5,908, variabel assurance sebesar -6,007, dan variabel emphaty sebesar 4,680.
Dari lima variabel tersebut secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan
konsumen pada stasion radio di Surakarta.
Dari uji F terdapat signifikansi yaitu F hitung sebesar 33,242 yang lebih
besar dari F tabel sebesar 2,27. Maka variabel tangibles, reliability,
responsiveness, assurance, dan emphaty secara bersama-sama berpengaruh secara
signifikan terhadap kepuasan konsumen.
Dari Uji Koefisien Determinasi (R2
) didapat nilai koefisien determinasinya
sebesar 0,536 atau 53,6% sedangkan sisanya sebesar 46,4% dipengaruhi oleh
variabel lain diluar variabel yang disebutkan dalam penelitian ini.
Uji asumsi klasik menunjukkan bahwa model persamaan regresi bebas dari
pelanggaran asumsi klasik, baik dilihat dari uji multikolinieritas,
heteroskedastisitas dan autokorelasi. Dan dari uji normalitas menunjukkan bahwa
data penelitian berdistribusi normal. Jadi hipotesis yang menyatakan bahwa
kelima variabel kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan baik secara
parsial maupun bersama-sama terhadap kepuasan konsumen itu terbukti. |
---|