PENGARUH DIMENSI KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN SEPEDA MOTOR MERK SUZUKI DI KECAMATAN KARTASURA

Bisnis sepeda motor sangat kompetitif dalam perkembangan saat ini, semakin banyaknya produk sepeda motor di pasaran akan membuat konsumen mempunyai banyak pilihan produk maupun distributor Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Apakah terdapat pengaruh performance, reliability, durability dan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUGIYANTO, DWI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
Published: 2005
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11085/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Bisnis sepeda motor sangat kompetitif dalam perkembangan saat ini, semakin banyaknya produk sepeda motor di pasaran akan membuat konsumen mempunyai banyak pilihan produk maupun distributor Rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Apakah terdapat pengaruh performance, reliability, durability dan aesthetics secara individu terhadap kepuasan konsumen?; 2) Apakah terdapat pengaruh performance, reliability, durability dan aesthetics secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen?; 3) Manakah faktor yang paling dominan pengaruhnya dari performance, reliability, durability dan aesthetics terhadap kepuasan konsumen? Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk menganalisis pengaruh performance, reliability, durability dan aesthetics secara individu terhadap kepuasan konsumen; 2) Untuk menganalisis pengaruh performance, reliability, durability dan aesthetics secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen; 3) Untuk menganalisis faktor mana yang paling berpengaruh antara performance, reliability, durability dan aesthetics terhadap kepuasan konsumen. Hipotesis dalam penelitian ini adalah : 1) Diduga terdapat pengaruh performance, reliability, durability dan aesthetics secara individu terhadap kepuasan konsumen; 2) Diduga terdapat pengaruh performance, reliability, durability dan aesthetics secara bersama-sama terhadap kepuasan konsumen; 3) Diduga faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen adalah faktor durability. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan : 1) Perhitungan Fhitung > Ftabel ; 40,604 > 2,610 maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada pengaruh secara bersama-sama antara performancy, reliability, durability dan aesthethics dengan variabel terikat yaitu kepuasan konsumen; 2) Dari analisis koefisien determinasi diperoleh angka koefisien determinasi atau R2 sebesar 0,699, artinya bahwa 69,90% variasi variabel kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh variasi variabel performance, reliability, durability dan aesthethics sedangkan sisanya yaitu 30,10% tidak dapat dijelaskan; 3) Hasil analisis dengan regresi parsial dan uji t menunjukkan bahwa variabel independen (performance, reliability, durability, dan aesthetics) berpengaruh terhadap variabel dependen (kepuasan konsumen). Pengujian koefisien regresi secara individu ini dilakukan dengan menggunakan a = 5% yang berarti bahwa tingkat keyakinan adalah 95%. Dengan demikian hipotesis kedua yang menyatakan bahwa performance, reliability, durability dan aesthethics mempunyai pengaruh secara individu terhadap kepuasan konsumen terbukti, dan pengaruh yang paling dominan adalah variabel durability.