ANALISIS PERBEDAAN SIKAP ANAK-ANAK DAN REMAJA TERHADAP IKLAN MC DONALD’S (Studi Kasus Pada Pembeli Mc Donald’s Singosaren Surakarta)

Tujuan penelitiaan ini untuk mengetahui bagaimana sikap anak-anak dan remaja terhadap iklan Mc Donald;s, serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan sikap antara anak-anak dan remaja terhadap iklan Mc Donald’s dengan penelitian dilakukan di Mc Donald’s Singosaren Surakarta. Target popul...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ARIFIN , MUHAMMAD ZAENAL
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11084/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995245606174720
author ARIFIN , MUHAMMAD ZAENAL
author_facet ARIFIN , MUHAMMAD ZAENAL
author_sort ARIFIN , MUHAMMAD ZAENAL
collection ePrints
description Tujuan penelitiaan ini untuk mengetahui bagaimana sikap anak-anak dan remaja terhadap iklan Mc Donald;s, serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan sikap antara anak-anak dan remaja terhadap iklan Mc Donald’s dengan penelitian dilakukan di Mc Donald’s Singosaren Surakarta. Target populasi adalah anak-anak dan remaja yang melakukan pembelian di Mc Donald’s Singosaren Surakarta dan pernah menonoton iklan Mc Donald’s di TV, dengan sampel diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik convenience sampling dengan alat analisis uji dua sampel Kolmogorov-Smirnov. Hasil analisisnya adalah sebagai berikut, yakni dari hasil analisis deskriptif respon afektif dan evaluasi kognitif dihasilkan rata-rata sikap anak-anak dan remaja terhadap iklan Mc Donald’s adalah positif, yang berarti bahwa selama menyaksikan iklan Mc Donald’s anak-anak dan remaja mengalami perasaan dan penilaian yang mendukung iklan Mc Donald’s tersebut. Sedangkan dari hasil perhitungan dengan menggunakan uji dua sampel Kolmogorov-Smirnov didapat hasil bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara sikap anak-anak dan remaja terhadap iklan Mc Donald’s, yang artinya antara kedua kelompok tersebut memang terdapat perbedaan dalam reaksi dan penerimaan terhadap suatu pesan komunikasi. Berdasarkan temuan tersebut, maka disarankan bagi perusahaan untuk selalu merancang dan mengembangkan strategi periklanannya dengan lebih kreatif dan menggunakan pendekatan yang berbeda untuk iklan-iklan yang ditujukan pada anak-anak dan remaja. Selanjutnya hasil penelitian ini sekiranya yang tidak sesuai dengan keinginan pengiklan dapat digunakan sebagai bahan diskusi dan penelitian di masa mendatang.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11084
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11084 https://eprints.ums.ac.id/11084/ ANALISIS PERBEDAAN SIKAP ANAK-ANAK DAN REMAJA TERHADAP IKLAN MC DONALD’S (Studi Kasus Pada Pembeli Mc Donald’s Singosaren Surakarta) ARIFIN , MUHAMMAD ZAENAL HB Economic Theory Tujuan penelitiaan ini untuk mengetahui bagaimana sikap anak-anak dan remaja terhadap iklan Mc Donald;s, serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan sikap antara anak-anak dan remaja terhadap iklan Mc Donald’s dengan penelitian dilakukan di Mc Donald’s Singosaren Surakarta. Target populasi adalah anak-anak dan remaja yang melakukan pembelian di Mc Donald’s Singosaren Surakarta dan pernah menonoton iklan Mc Donald’s di TV, dengan sampel diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik convenience sampling dengan alat analisis uji dua sampel Kolmogorov-Smirnov. Hasil analisisnya adalah sebagai berikut, yakni dari hasil analisis deskriptif respon afektif dan evaluasi kognitif dihasilkan rata-rata sikap anak-anak dan remaja terhadap iklan Mc Donald’s adalah positif, yang berarti bahwa selama menyaksikan iklan Mc Donald’s anak-anak dan remaja mengalami perasaan dan penilaian yang mendukung iklan Mc Donald’s tersebut. Sedangkan dari hasil perhitungan dengan menggunakan uji dua sampel Kolmogorov-Smirnov didapat hasil bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara sikap anak-anak dan remaja terhadap iklan Mc Donald’s, yang artinya antara kedua kelompok tersebut memang terdapat perbedaan dalam reaksi dan penerimaan terhadap suatu pesan komunikasi. Berdasarkan temuan tersebut, maka disarankan bagi perusahaan untuk selalu merancang dan mengembangkan strategi periklanannya dengan lebih kreatif dan menggunakan pendekatan yang berbeda untuk iklan-iklan yang ditujukan pada anak-anak dan remaja. Selanjutnya hasil penelitian ini sekiranya yang tidak sesuai dengan keinginan pengiklan dapat digunakan sebagai bahan diskusi dan penelitian di masa mendatang. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11084/1/Hal_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11084/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11084/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11084/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11084/5/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11084/6/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11084/7/daftar_pustaka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11084/8/Lampiran.pdf ARIFIN , MUHAMMAD ZAENAL (2007) ANALISIS PERBEDAAN SIKAP ANAK-ANAK DAN REMAJA TERHADAP IKLAN MC DONALD’S (Studi Kasus Pada Pembeli Mc Donald’s Singosaren Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . B100010396
spellingShingle HB Economic Theory
ARIFIN , MUHAMMAD ZAENAL
ANALISIS PERBEDAAN SIKAP ANAK-ANAK DAN REMAJA TERHADAP IKLAN MC DONALD’S (Studi Kasus Pada Pembeli Mc Donald’s Singosaren Surakarta)
title ANALISIS PERBEDAAN SIKAP ANAK-ANAK DAN REMAJA TERHADAP IKLAN MC DONALD’S (Studi Kasus Pada Pembeli Mc Donald’s Singosaren Surakarta)
title_full ANALISIS PERBEDAAN SIKAP ANAK-ANAK DAN REMAJA TERHADAP IKLAN MC DONALD’S (Studi Kasus Pada Pembeli Mc Donald’s Singosaren Surakarta)
title_fullStr ANALISIS PERBEDAAN SIKAP ANAK-ANAK DAN REMAJA TERHADAP IKLAN MC DONALD’S (Studi Kasus Pada Pembeli Mc Donald’s Singosaren Surakarta)
title_full_unstemmed ANALISIS PERBEDAAN SIKAP ANAK-ANAK DAN REMAJA TERHADAP IKLAN MC DONALD’S (Studi Kasus Pada Pembeli Mc Donald’s Singosaren Surakarta)
title_short ANALISIS PERBEDAAN SIKAP ANAK-ANAK DAN REMAJA TERHADAP IKLAN MC DONALD’S (Studi Kasus Pada Pembeli Mc Donald’s Singosaren Surakarta)
title_sort analisis perbedaan sikap anak anak dan remaja terhadap iklan mc donald s studi kasus pada pembeli mc donald s singosaren surakarta
topic HB Economic Theory
url https://eprints.ums.ac.id/11084/
work_keys_str_mv AT arifinmuhammadzaenal analisisperbedaansikapanakanakdanremajaterhadapiklanmcdonaldsstudikasuspadapembelimcdonaldssingosarensurakarta