ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN DI SUPERMARKET GORO ASSALAAM

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis apakah faktor harga, lokasi, pelayanan, desain supermarket, dan promosi secara bersama-sama mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian di Supermarket Goro Assalaam, 2) Untuk menganalisis faktor mana y...

Ausführliche Beschreibung

Gespeichert in:
Bibliographische Detailangaben
1. Verfasser: SULTHONI, M.A. AZIS
Format: Abschlussarbeit
Sprache:English
English
English
English
English
English
Veröffentlicht: 2007
Schlagworte:
Online Zugang:https://eprints.ums.ac.id/11072/
Tags: Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
_version_ 1804995242308403200
author SULTHONI, M.A. AZIS
author_facet SULTHONI, M.A. AZIS
author_sort SULTHONI, M.A. AZIS
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis apakah faktor harga, lokasi, pelayanan, desain supermarket, dan promosi secara bersama-sama mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian di Supermarket Goro Assalaam, 2) Untuk menganalisis faktor mana yang paling dominant mempengaruhi keputusan konsumen konsumen dalam melakukan pembelian di Supermarket Goro Assalaam. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian di Supermarket Goro Assalaam dengan jumlah sampel 100 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling, yaitu dengan mengambil sejumlah konsumen yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti pada saat melakukan penelitian. Metode accidental sampling digunakan karena jumlah populasinya tidak jelas. Hasil uji regresi regresi berganda menunjukkan bahwa faktor Harga (X1), Lokasi (X2), Pelayanan (X3), desain supermarket (X4), dan Promosi (X5), baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri mempengaruhi faktor keputusan pembelian (Y). Faktor harga adalah faktor yang paling dominan atau terbesar sumbangannya dalam mempengaruhi frekuensi pembelian dengan koefisien paling besar (0,141), dibanding dengan koefisien regresi promosi (0,136), koefisien regresi desain supermarket (0,1), koefisien regresi lokasi (0,0929), dan koefisien regresi pelayanan (0,08513). Nilai R square sebesar 0,567, hal ini berarti bahwa 56,7 % keputusan pembelian bisa dijelaskan oleh variabel harga, lokasi, pelayanan, desain supermarket, dan promosi, sedangkan sisanya 43,3 % dijelaskan oleh variabel lain. Dari hasi penelitian dapat disimpulkan bahwa :1) Ada pengaruh yang signifikan dari faktor harga, lokasi, pelayanan, desain supermarket, dan promosi terhadap keputusan konsumen untuk melakukan pembelian, 2) faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian adalah harga, dibandingkan dengan faktor lokasi, promosi, pelayanan, dan desain supermarket.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11072
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11072 https://eprints.ums.ac.id/11072/ ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN DI SUPERMARKET GORO ASSALAAM SULTHONI, M.A. AZIS HB Economic Theory Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis apakah faktor harga, lokasi, pelayanan, desain supermarket, dan promosi secara bersama-sama mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian di Supermarket Goro Assalaam, 2) Untuk menganalisis faktor mana yang paling dominant mempengaruhi keputusan konsumen konsumen dalam melakukan pembelian di Supermarket Goro Assalaam. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian di Supermarket Goro Assalaam dengan jumlah sampel 100 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling, yaitu dengan mengambil sejumlah konsumen yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti pada saat melakukan penelitian. Metode accidental sampling digunakan karena jumlah populasinya tidak jelas. Hasil uji regresi regresi berganda menunjukkan bahwa faktor Harga (X1), Lokasi (X2), Pelayanan (X3), desain supermarket (X4), dan Promosi (X5), baik secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri mempengaruhi faktor keputusan pembelian (Y). Faktor harga adalah faktor yang paling dominan atau terbesar sumbangannya dalam mempengaruhi frekuensi pembelian dengan koefisien paling besar (0,141), dibanding dengan koefisien regresi promosi (0,136), koefisien regresi desain supermarket (0,1), koefisien regresi lokasi (0,0929), dan koefisien regresi pelayanan (0,08513). Nilai R square sebesar 0,567, hal ini berarti bahwa 56,7 % keputusan pembelian bisa dijelaskan oleh variabel harga, lokasi, pelayanan, desain supermarket, dan promosi, sedangkan sisanya 43,3 % dijelaskan oleh variabel lain. Dari hasi penelitian dapat disimpulkan bahwa :1) Ada pengaruh yang signifikan dari faktor harga, lokasi, pelayanan, desain supermarket, dan promosi terhadap keputusan konsumen untuk melakukan pembelian, 2) faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian adalah harga, dibandingkan dengan faktor lokasi, promosi, pelayanan, dan desain supermarket. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11072/1/Hal_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11072/2/Bab_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11072/4/Bab_2_dan_3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11072/6/Bab_4_dan_5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11072/8/Dapus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11072/10/Lampiran.pdf SULTHONI, M.A. AZIS (2007) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN DI SUPERMARKET GORO ASSALAAM. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . B100010249
spellingShingle HB Economic Theory
SULTHONI, M.A. AZIS
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN DI SUPERMARKET GORO ASSALAAM
title ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN DI SUPERMARKET GORO ASSALAAM
title_full ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN DI SUPERMARKET GORO ASSALAAM
title_fullStr ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN DI SUPERMARKET GORO ASSALAAM
title_full_unstemmed ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN DI SUPERMARKET GORO ASSALAAM
title_short ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN DI SUPERMARKET GORO ASSALAAM
title_sort analisis faktor faktor yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian di supermarket goro assalaam
topic HB Economic Theory
url https://eprints.ums.ac.id/11072/
work_keys_str_mv AT sulthonimaazis analisisfaktorfaktoryangmempengaruhikonsumendalammelakukanpembeliandisupermarketgoroassalaam