ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM MELAKUKAN PEMBELIAN DI SUPERMARKET GORO ASSALAAM
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis apakah faktor harga, lokasi, pelayanan, desain supermarket, dan promosi secara bersama-sama mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian di Supermarket Goro Assalaam, 2) Untuk menganalisis faktor mana y...
Saved in:
Hovedforfatter: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Sprog: | English English English English English English |
Udgivet: |
2007
|
Fag: | |
Online adgang: | https://eprints.ums.ac.id/11072/ |
Tags: |
Tilføj Tag
Ingen Tags, Vær først til at tagge denne postø!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis apakah faktor harga,
lokasi, pelayanan, desain supermarket, dan promosi secara bersama-sama
mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian di Supermarket Goro
Assalaam, 2) Untuk menganalisis faktor mana yang paling dominant
mempengaruhi keputusan konsumen konsumen dalam melakukan pembelian di
Supermarket Goro Assalaam.
Populasi dari penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan
pembelian di Supermarket Goro Assalaam dengan jumlah sampel 100 orang.
Pengambilan sampel dilakukan dengan cara accidental sampling, yaitu dengan
mengambil sejumlah konsumen yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti
pada saat melakukan penelitian. Metode accidental sampling digunakan karena
jumlah populasinya tidak jelas.
Hasil uji regresi regresi berganda menunjukkan bahwa faktor Harga (X1),
Lokasi (X2), Pelayanan (X3), desain supermarket (X4), dan Promosi (X5), baik
secara bersama-sama maupun sendiri-sendiri mempengaruhi faktor keputusan
pembelian (Y). Faktor harga adalah faktor yang paling dominan atau terbesar
sumbangannya dalam mempengaruhi frekuensi pembelian dengan koefisien
paling besar (0,141), dibanding dengan koefisien regresi promosi (0,136),
koefisien regresi desain supermarket (0,1), koefisien regresi lokasi (0,0929), dan
koefisien regresi pelayanan (0,08513). Nilai R square sebesar 0,567, hal ini berarti
bahwa 56,7 % keputusan pembelian bisa dijelaskan oleh variabel harga, lokasi,
pelayanan, desain supermarket, dan promosi, sedangkan sisanya 43,3 %
dijelaskan oleh variabel lain.
Dari hasi penelitian dapat disimpulkan bahwa :1) Ada pengaruh yang
signifikan dari faktor harga, lokasi, pelayanan, desain supermarket, dan promosi
terhadap keputusan konsumen untuk melakukan pembelian, 2) faktor yang paling
dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian adalah harga, dibandingkan
dengan faktor lokasi, promosi, pelayanan, dan desain supermarket. |
---|