ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN PADA PUSAT PERBELANJAAN LARIS KARTASURA
Kualitas Pelayanan merupakan dasar untuk dijadikan penilaian atas kepuasan dan loyalitas konsumen. Variabel yang ada pada kualits pelayanan terdiri dari physicalaspect, reliability, personal interaction, problemsolving, dan policy. Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas konsumen pada Pusat Pe...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11067/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Kualitas Pelayanan merupakan dasar untuk dijadikan penilaian atas
kepuasan dan loyalitas konsumen. Variabel yang ada pada kualits pelayanan
terdiri dari physicalaspect, reliability, personal interaction, problemsolving, dan
policy.
Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas konsumen pada Pusat Perbelanjaan
Metode Analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis regresilinier
berganda, uji t, ujiF, asumsi klasik dan koefisien determinasi. Dengan bantuan
komputer program SPSS13.00 diperoleh persamaan sebagai berikut:
Y=-1,323+0,119X1 +0,123X2 +0,106X3 +0,063X4+0,219X5
Dari persamaan tersebut berarti bahwa kelima variabel yaitu physical
aspect X1), reability (X2), persanal interaction (X3), Problemsolving (X4)dan
policy (X5),masing-masing berpengaruh positif terhadap Kepuasn dan loyalitas
konsumen.
Berdasarkan perhitungan dengan SPSS maka diperoleh F hitung sebesar
59,703>F tabel sebesar2, 29 makter dapat pada daerah HOdi tolak, sehingga
dapat disimpulkan bahwa physicalaspect X1), reability (X2), personal
interaction (X3), Problemsolving (X4)dan policy (X5),secara simultan (bersama-
sama) terdapat pengaruh yang signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen
(Y1)dan loyalitas konsumen(Y2).Angka koefisien determinasi (ajusted R2
)
sebesar0,761makasebesar76,1%dapatdijelaskan olehvariabel physicalaspect
X1), reability (X2), persanalinteraction (X3), Problemsolving (X4)dan policy
(X5).Sedangkansisanya(100%- 76,1%=23,9%)mendapatkontribusidari
variabel lain.
Secara parsialatau uji t membuktikan bahwavariabelvariabelkualitas
pelayanan berpengaruhterhadap kepuasan danloyalitaskonsumen kecuali
variabel problemsolving.Variabel physicalaspect (X1)diperolehthitung
sebesar2,884,variabel reliability (X2)thitungsebesar2,916,variabel personal
interaction (X3)thitungsebesar3,015,variabel problemsolving (X4)thitung
sebesar1,020,dan variabel policy (X5)thitungsebesar3,116 denganttabel
sebesar1,986,sehinggaseluruh nilai t hitungvariabeldiataslebih besardari t
tabelsebesar1,986. |
---|