PERSEPSI TENTANG PENGARUH KOMPONEN-KOMPONEN MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN BATIK DI PASAR GROSIR SETONO KOTA PEKALONGAN

Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah marketing mix. Masalah yang kemudian muncul adalah seberapa besar pengaruh marketing mix yang terdiri dari variabel produk, harga, promosi dan distribusi terhadap keputusan pembelian konsumen kain batik di Pasar Grosir...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RIANDANI , APTA SUPRAJA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2006
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11066/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995240662138880
author RIANDANI , APTA SUPRAJA
author_facet RIANDANI , APTA SUPRAJA
author_sort RIANDANI , APTA SUPRAJA
collection ePrints
description Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah marketing mix. Masalah yang kemudian muncul adalah seberapa besar pengaruh marketing mix yang terdiri dari variabel produk, harga, promosi dan distribusi terhadap keputusan pembelian konsumen kain batik di Pasar Grosir Setono Kota Pekalongan. Oleh karena itu tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian konsumen di Pasar Grosir Setono Kota Pekalongan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Analisis regresi digunakan untuk menggambarkan pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian konsumen kain batik di Pasar Grosir Setono Kota Pekalongan. Hasil analisis data diperoleh R² sebesar 0,771 ini menunjukkan bahwa marketing mix mempunyai kontribusi pengaruh terhadap keputusan pembelian kain batik sebesar 77,1%. Sedangkan sisanya sebesar 22,9% mendapat kontribusi dari variabel lain. Pengujian terhadap masing-masing variabel dengan melalui uji t diketahu bahwa promosi dan distribusi berpengaruh terhadap keputusan pembelian, hal ini dikarenakan nilai thitung untuk variabel promosi dan distribusi adalah 2,959 dan 7,308 yang mana lebih besar dibandingkan ttabel (1,984), sedang untuk variabel produk dan harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena thitung kedua variabel tersebut lebih kecil dibandingkan ttabel. Dengan nilai koefisin regresi pada variabel distribusi sebesar 0,557 yang mana lebih besar dibandingkan dengan variabel-variabel lainnya, hal ini berarti distribusi merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian. Nilai Fhitung sebesar 100,757 lebih besar dari Ftabel yaitu 2,45 artinya secara bersama-sama marketing mix berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen kain batik di Pasar Grosir Setono Kota Pekalongan.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11066
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2006
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11066 https://eprints.ums.ac.id/11066/ PERSEPSI TENTANG PENGARUH KOMPONEN-KOMPONEN MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN BATIK DI PASAR GROSIR SETONO KOTA PEKALONGAN RIANDANI , APTA SUPRAJA HB Economic Theory Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah marketing mix. Masalah yang kemudian muncul adalah seberapa besar pengaruh marketing mix yang terdiri dari variabel produk, harga, promosi dan distribusi terhadap keputusan pembelian konsumen kain batik di Pasar Grosir Setono Kota Pekalongan. Oleh karena itu tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian konsumen di Pasar Grosir Setono Kota Pekalongan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Analisis regresi digunakan untuk menggambarkan pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian konsumen kain batik di Pasar Grosir Setono Kota Pekalongan. Hasil analisis data diperoleh R² sebesar 0,771 ini menunjukkan bahwa marketing mix mempunyai kontribusi pengaruh terhadap keputusan pembelian kain batik sebesar 77,1%. Sedangkan sisanya sebesar 22,9% mendapat kontribusi dari variabel lain. Pengujian terhadap masing-masing variabel dengan melalui uji t diketahu bahwa promosi dan distribusi berpengaruh terhadap keputusan pembelian, hal ini dikarenakan nilai thitung untuk variabel promosi dan distribusi adalah 2,959 dan 7,308 yang mana lebih besar dibandingkan ttabel (1,984), sedang untuk variabel produk dan harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian karena thitung kedua variabel tersebut lebih kecil dibandingkan ttabel. Dengan nilai koefisin regresi pada variabel distribusi sebesar 0,557 yang mana lebih besar dibandingkan dengan variabel-variabel lainnya, hal ini berarti distribusi merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian. Nilai Fhitung sebesar 100,757 lebih besar dari Ftabel yaitu 2,45 artinya secara bersama-sama marketing mix berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen kain batik di Pasar Grosir Setono Kota Pekalongan. 2006 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11066/1/Hal_Depan.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11066/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11066/5/BAB_II_.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11066/6/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11066/9/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11066/11/BAB_V.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11066/13/DAFTAR_PUSTAKA.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11066/15/Lampiran.pdf RIANDANI , APTA SUPRAJA (2006) PERSEPSI TENTANG PENGARUH KOMPONEN-KOMPONEN MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN BATIK DI PASAR GROSIR SETONO KOTA PEKALONGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . B100010101
spellingShingle HB Economic Theory
RIANDANI , APTA SUPRAJA
PERSEPSI TENTANG PENGARUH KOMPONEN-KOMPONEN MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN BATIK DI PASAR GROSIR SETONO KOTA PEKALONGAN
title PERSEPSI TENTANG PENGARUH KOMPONEN-KOMPONEN MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN BATIK DI PASAR GROSIR SETONO KOTA PEKALONGAN
title_full PERSEPSI TENTANG PENGARUH KOMPONEN-KOMPONEN MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN BATIK DI PASAR GROSIR SETONO KOTA PEKALONGAN
title_fullStr PERSEPSI TENTANG PENGARUH KOMPONEN-KOMPONEN MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN BATIK DI PASAR GROSIR SETONO KOTA PEKALONGAN
title_full_unstemmed PERSEPSI TENTANG PENGARUH KOMPONEN-KOMPONEN MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN BATIK DI PASAR GROSIR SETONO KOTA PEKALONGAN
title_short PERSEPSI TENTANG PENGARUH KOMPONEN-KOMPONEN MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN BATIK DI PASAR GROSIR SETONO KOTA PEKALONGAN
title_sort persepsi tentang pengaruh komponen komponen marketing mix terhadap keputusan pembelian kain batik di pasar grosir setono kota pekalongan
topic HB Economic Theory
url https://eprints.ums.ac.id/11066/
work_keys_str_mv AT riandaniaptasupraja persepsitentangpengaruhkomponenkomponenmarketingmixterhadapkeputusanpembeliankainbatikdipasargrosirsetonokotapekalongan