PERSEPSI TENTANG PENGARUH KOMPONEN-KOMPONEN MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KAIN BATIK DI PASAR GROSIR SETONO KOTA PEKALONGAN
Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah marketing mix. Masalah yang kemudian muncul adalah seberapa besar pengaruh marketing mix yang terdiri dari variabel produk, harga, promosi dan distribusi terhadap keputusan pembelian konsumen kain batik di Pasar Grosir...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2006
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11066/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen
adalah marketing mix. Masalah yang kemudian muncul adalah seberapa besar
pengaruh marketing mix yang terdiri dari variabel produk, harga, promosi dan
distribusi terhadap keputusan pembelian konsumen kain batik di Pasar Grosir
Setono Kota Pekalongan. Oleh karena itu tujuan dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui adanya pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian
konsumen di Pasar Grosir Setono Kota Pekalongan.
Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi
linier berganda. Analisis regresi digunakan untuk menggambarkan pengaruh
marketing mix terhadap keputusan pembelian konsumen kain batik di Pasar Grosir
Setono Kota Pekalongan.
Hasil analisis data diperoleh R² sebesar 0,771 ini menunjukkan bahwa
marketing mix mempunyai kontribusi pengaruh terhadap keputusan pembelian
kain batik sebesar 77,1%. Sedangkan sisanya sebesar 22,9% mendapat kontribusi
dari variabel lain. Pengujian terhadap masing-masing variabel dengan melalui uji t
diketahu bahwa promosi dan distribusi berpengaruh terhadap keputusan
pembelian, hal ini dikarenakan nilai thitung untuk variabel promosi dan distribusi
adalah 2,959 dan 7,308 yang mana lebih besar dibandingkan ttabel (1,984), sedang
untuk variabel produk dan harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian
karena thitung kedua variabel tersebut lebih kecil dibandingkan ttabel. Dengan nilai
koefisin regresi pada variabel distribusi sebesar 0,557 yang mana lebih besar
dibandingkan dengan variabel-variabel lainnya, hal ini berarti distribusi
merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian.
Nilai Fhitung sebesar 100,757 lebih besar dari Ftabel yaitu 2,45 artinya secara
bersama-sama marketing mix berpengaruh terhadap keputusan pembelian
konsumen kain batik di Pasar Grosir Setono Kota Pekalongan.
|
---|