ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PERPINDAHAN MERK SHAMPO (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Shampo bagi sebagian orang dianggap merupakan produk yang sangat penting, bukan hanya sebagai barang pelengkap untuk mandi, tetapi lebih kepada produk perawat kesehatan untuk rambut. Ketika konsumen dihadapkan kepada banyaknya pilihan produk shampo yang menawarkan berbagai manfaat ataupun...
Furkejuvvon:
Váldodahkki: | |
---|---|
Materiálatiipa: | Oahppočájánas |
Giella: | English English English English English English |
Almmustuhtton: |
2005
|
Fáttát: | |
Liŋkkat: | https://eprints.ums.ac.id/11063/ |
Fáddágilkorat: |
Lasit fáddágilkoriid
Eai fáddágilkorat, Lasit vuosttaš fáddágilkora!
|
Čoahkkáigeassu: | Shampo bagi sebagian orang dianggap merupakan produk yang sangat
penting, bukan hanya sebagai barang pelengkap untuk mandi, tetapi lebih kepada
produk perawat kesehatan untuk rambut. Ketika konsumen dihadapkan kepada
banyaknya pilihan produk shampo yang menawarkan berbagai manfaat ataupun
janji -janji, konsumen tentu telah belajar banyak dari shampo yang sebelumnya
mereka konsumsi. Untuk itu dalam penulisan ini akan disampaikan sejauh mana
faktor- faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk berpindah merk.
Penulisan skripsi dengan judul “Analisis faktor- faktor yang mempengaruhi
keputusan perpindahan merk shampo (Studi pada Mahasiswa Universitas
Muhammadiyah Surakarta)”.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh
signifikan antara (tingkat keterlibatan pembelian, kebutuhan mencari variasi,
ketidakpuasan konsumen, dan iklan) terhadap perpindahan merk.
Dalam penelitian ini penulis mengambil hipotesis, yaitu ada pengaruh
yang signifikan antara (tingkat keterlibatan pembelian, kebutuhan mencari variasi,
ketidakpuasan konsumen, dan iklan) terhadap keputusan perpindahan merk.
Dengan menggunakan teknik convenien sampling, diambil 100 orang
responden mahasiswa Unive rsitas muhammadiyah Surakarta yang pernah
melakukan perpindahan merk shampo, instrumen penelitian yang digunakan
adalah berupa angket menggunakan skala likert, teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah berupa kuesioner. Penelitian ini menggunakan regresi linear
logistik untuk menguji pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen.
1. Dari analisa data diperoleh suatu informasi sebagai berikut, dari analisis
regresi logistik diperoleh persamaan sebagai berikut
U = - 44,152 + 0,678 + 0.827 + 0,590 + 0,453
Dengan memperhatikan koefisien regresi X1, X2, X3, dan X4. Semuanya
mempunyai nilai positif yang artinya bahwa keempat variabel (tingkat
keterlibatan pembelian, kebutuhan mencari variasi, ketidakpuasan
konsumen, dan iklan) tersebut masing-masing mempunyai pengaruh yang
searah dengan variabel dependen (keputusan perpindahan).
2. Dari perhitungan nilai Wald diketahui bahwa
X1=4,188 X2=16,028 X3=8,198 X4=4,110
Dari persamaan diatas variabel independen mempunyai pengaruh yang
signifikan terhadap variabel dependen, karena hasil dari koefisien setiap
variabel lebih besar dari pada 2 (quitelock).
Tabel klasifikasi 2x2 menghitung nilai estimasi, pada kolom merupakan
dua nilai prediksi dari variabel dependen dalam h al ini berpindah merk (1) dan
tidak berpindah merk (0). Dan pada baris menunjukkan nilai observasi yang
sesungguhnya dari variabel dependen berpindah (1) dan tidak berpindah (0). Hasil
output SPSS menunjukkan bahwa pada kolom prediksi perpindahan adalah 53 dan
hasil observasi sesungguhnya perpindahan adalah 59, jadi ketepatan model ini
adalah 88.00 % |
---|