PENGARUH HARGA, FASILITAS DAN PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DI RUMAH SAKIT UMUM ISLAM KUSTATI SURAKARTA
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui besarnya pengaruh faktor tarip, fasilitas dan pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen Rumah Sakit Umum Islam Kustati Surakarta, 2) Untuk mengetahui faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap tingkat kepuasan konsumen Rumah Sakit...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11061/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui besarnya pengaruh
faktor tarip, fasilitas dan pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen Rumah
Sakit Umum Islam Kustati Surakarta, 2) Untuk mengetahui faktor yang paling
dominan pengaruhnya terhadap tingkat kepuasan konsumen Rumah Sakit Umum
Islam Kustati Surakarta.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah : 1) Diduga ada pengaruh faktor tarip,
fasilitas dan pelayanan terhadap tingkat kepuasan konsumen Rumah Sakit Umum
Islam Kustati Surakarta, 2) Diduga faktor yang paling dominan pengaruhnya
terhadap tingkat kepuasan konsumen Rumah Sakit Umum Islam Kustati Surakarta
adalah variabel pelayanan.
Populasi penelitian ini adalah pasien atau keluarganya yang menjalani rawat
inap di Rumah Sakit Umum Islam Kustati Surakarta. Penelitian ini mengambil
sampel 54 responden para pasien atau yang menunggu yang menjalani rawat inap di
Rumah Sakit Umum Islam Kustati Surakarta. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah pengambilan sampel secara proporsional
random sampling yaitu dengan membagi-bagi populasi dalam beberapa bagian yang
sama dan dari setiap bagian dapat diambil sampel dan secara acak di setiap bagian
wilayah. Adapun alat analisis yang digunakan adalah: uji validitas, uji reliabilitas,
analisis regresi, uji t, uji F, dan Koefisien Determinasi (R2
).
Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan : 1) Berdasarkan hasil
analisis regresi dapat diketahui persamaannya bahwa: Y = 53,845 + 0,239X1 +
0,232X2 + 0,232X3. Artinya bahwa variabel tarif, fasilitas, dan pelayanan mempunyai
pengaruh yang positif terhadap kepuasan konsumen di RSU Islam Kustati Surakarta,
2) Berdasarkan hasil analisis uji t, didapatkan nilai thitung untuk tarif sebesar 3,313 >
ttabel (2,009), variabel pelayanan didapatkan thitung (2,614) > ttabel (2,009), dan variabel
fasilitas didapatkan thitung (2,614) > ttabel (2,009), artinya semakin baik penetapan tarif,
fasilitas, dan pelayanan yang diberikan maka semakin baik dan naik pula kepuasan
konsumen tersebut, dan variabel fasilitas merupakan faktor yang dominan
pengaruhnya. Hasil uji t tersebut membuktikan bahwa hipotesis kedua (Ha2) terbukti
kebenarannya, 3) Hasil uji F diperoleh F hitung > F tabel ; 35,431 > 2,800 maka Ho
ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada pengaruh yang signifikan antara variabel
tarif, fasilitas, dan pelayanan terhadap variabel kepuasan konsumen secara simultan.
Berarti hipotesis pertama (Ha1) terbukti kebenarannya, 4) Analisis koefisien
determinasi diperoleh angka koefisien determinasi atau R2
sebesar 0,514, artinya
bahwa 51,40% variasi variabel kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh variabel
tarif, fasilitas, dan pelayanan, sedangkan sisanya yaitu 48,60% tidak dijelaskan dalam
penelitian ini.
|
---|