PENGARUH MANAJEMEN USAHA TERHADAP PENGHASILAN USAHA PADA PEDAGANG KELONTONG DI KECAMATAN JATINOM KLATEN

Penelitian ini memfokuskan pada penghasilan usaha kecil dilihat dari manajemen usaha yang meliputi promosi, penetapan harega dan penetapan lokasi pedagang dalam bidang penjualan kebutuhan sehari-hari menjadi objek yang menarik dimana usaha kecil menjadi alternatif pilihan banyak pihak yang ingin...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PURWOKO, DHANU AJI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11056/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995237804769280
author PURWOKO, DHANU AJI
author_facet PURWOKO, DHANU AJI
author_sort PURWOKO, DHANU AJI
collection ePrints
description Penelitian ini memfokuskan pada penghasilan usaha kecil dilihat dari manajemen usaha yang meliputi promosi, penetapan harega dan penetapan lokasi pedagang dalam bidang penjualan kebutuhan sehari-hari menjadi objek yang menarik dimana usaha kecil menjadi alternatif pilihan banyak pihak yang ingin membuka lapangan kerja sendiri. Agar dapat berhasil dalam bidang berdagang dan berpenghasilan besar pedagang eceran harus berhati-hati dalam menentukan target pasar dan mencoba memahami keinginan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) sejauh mana promosi berpengaruh terhadap penghasilan usaha, (2) sejauh mana penetapan harga berpengaruh terhadap penghasilan usaha, (3) sejauh mana penetapan lokasi berpengaruh terhadap penghasilan usaha, (4) sejauh mana promosi, harga dan lokasi berpengaruh terhadap penghasilan usaha. Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang kelontong di Kecamatan Jatinom Klaten. Adapun sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan yang dijadikan sampel sejumlah 75 responden. Metode pengumpulan data dengan quesioner. Selanjutnya untuk menguji hipotesis menggunakan Uji T-test dan Uji F. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) variabel promosi (X1) terbukti berpengaruh terhadap penghasilan usaha (Y) (thitung 2,175 > ttabel 1,993), (2) variabel harga (X2) terbukti berpengaruh terhadap penghasilan usaha (Y) (thitung 3,450 > ttabel 1,993) dan (3) variabel lokasi (X3) terbukti berpengaruh terhadap penghasilan usaha (Y) (thitung 7,263 > ttabel 1,993). Variabel promosi (X1), harga (X2) dan lokasi (X3) terbukti berpengaruh terhadap variabel penghasilan usaha (Y). hal ini ditunjukan hasil Fhitung lebih besar Ftabel (23,067 > 2,74 ). Koefisien determinasi R2 sebesar 0,850 yang berarti variasi perubahan penghasilan usaha dapat dijelaskan variabel promosi,harga dan lokasi sebesar 85%. Sedangkan sisanya 15% di jelaskan oleh variabel lain di luar model yang tidak terobservasi misalnya suasana tempat penjualan, pelayanan, kualitas barang yang dijual.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11056
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11056 https://eprints.ums.ac.id/11056/ PENGARUH MANAJEMEN USAHA TERHADAP PENGHASILAN USAHA PADA PEDAGANG KELONTONG DI KECAMATAN JATINOM KLATEN PURWOKO, DHANU AJI HD28 Management Penelitian ini memfokuskan pada penghasilan usaha kecil dilihat dari manajemen usaha yang meliputi promosi, penetapan harega dan penetapan lokasi pedagang dalam bidang penjualan kebutuhan sehari-hari menjadi objek yang menarik dimana usaha kecil menjadi alternatif pilihan banyak pihak yang ingin membuka lapangan kerja sendiri. Agar dapat berhasil dalam bidang berdagang dan berpenghasilan besar pedagang eceran harus berhati-hati dalam menentukan target pasar dan mencoba memahami keinginan konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) sejauh mana promosi berpengaruh terhadap penghasilan usaha, (2) sejauh mana penetapan harga berpengaruh terhadap penghasilan usaha, (3) sejauh mana penetapan lokasi berpengaruh terhadap penghasilan usaha, (4) sejauh mana promosi, harga dan lokasi berpengaruh terhadap penghasilan usaha. Jenis penelitian menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pedagang kelontong di Kecamatan Jatinom Klaten. Adapun sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan yang dijadikan sampel sejumlah 75 responden. Metode pengumpulan data dengan quesioner. Selanjutnya untuk menguji hipotesis menggunakan Uji T-test dan Uji F. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) variabel promosi (X1) terbukti berpengaruh terhadap penghasilan usaha (Y) (thitung 2,175 > ttabel 1,993), (2) variabel harga (X2) terbukti berpengaruh terhadap penghasilan usaha (Y) (thitung 3,450 > ttabel 1,993) dan (3) variabel lokasi (X3) terbukti berpengaruh terhadap penghasilan usaha (Y) (thitung 7,263 > ttabel 1,993). Variabel promosi (X1), harga (X2) dan lokasi (X3) terbukti berpengaruh terhadap variabel penghasilan usaha (Y). hal ini ditunjukan hasil Fhitung lebih besar Ftabel (23,067 > 2,74 ). Koefisien determinasi R2 sebesar 0,850 yang berarti variasi perubahan penghasilan usaha dapat dijelaskan variabel promosi,harga dan lokasi sebesar 85%. Sedangkan sisanya 15% di jelaskan oleh variabel lain di luar model yang tidak terobservasi misalnya suasana tempat penjualan, pelayanan, kualitas barang yang dijual. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11056/1/Bab_1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11056/4/Skripsi_Dhanu_Aji_Purwoko_B100030158_UMS_2007.pdf PURWOKO, DHANU AJI (2007) PENGARUH MANAJEMEN USAHA TERHADAP PENGHASILAN USAHA PADA PEDAGANG KELONTONG DI KECAMATAN JATINOM KLATEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B100030158
spellingShingle HD28 Management
PURWOKO, DHANU AJI
PENGARUH MANAJEMEN USAHA TERHADAP PENGHASILAN USAHA PADA PEDAGANG KELONTONG DI KECAMATAN JATINOM KLATEN
title PENGARUH MANAJEMEN USAHA TERHADAP PENGHASILAN USAHA PADA PEDAGANG KELONTONG DI KECAMATAN JATINOM KLATEN
title_full PENGARUH MANAJEMEN USAHA TERHADAP PENGHASILAN USAHA PADA PEDAGANG KELONTONG DI KECAMATAN JATINOM KLATEN
title_fullStr PENGARUH MANAJEMEN USAHA TERHADAP PENGHASILAN USAHA PADA PEDAGANG KELONTONG DI KECAMATAN JATINOM KLATEN
title_full_unstemmed PENGARUH MANAJEMEN USAHA TERHADAP PENGHASILAN USAHA PADA PEDAGANG KELONTONG DI KECAMATAN JATINOM KLATEN
title_short PENGARUH MANAJEMEN USAHA TERHADAP PENGHASILAN USAHA PADA PEDAGANG KELONTONG DI KECAMATAN JATINOM KLATEN
title_sort pengaruh manajemen usaha terhadap penghasilan usaha pada pedagang kelontong di kecamatan jatinom klaten
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/11056/
work_keys_str_mv AT purwokodhanuaji pengaruhmanajemenusahaterhadappenghasilanusahapadapedagangkelontongdikecamatanjatinomklaten