ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK INDOMIE DI KALURAHAN NGESREP KABUPATEN BOYOLALI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen yang ditinjau dari segi selera, usia, jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk indomie dengan indikator produk, merk, penjual dan cara pembayaran yang dilaksana...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: KANDIAWAN , DIAN
格式: Thesis
语言:English
English
English
English
English
English
出版: 2006
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/11049/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
_version_ 1804995236059938816
author KANDIAWAN , DIAN
author_facet KANDIAWAN , DIAN
author_sort KANDIAWAN , DIAN
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen yang ditinjau dari segi selera, usia, jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk indomie dengan indikator produk, merk, penjual dan cara pembayaran yang dilaksanakan di Kalurahan Ngesrep Kabupaten Boyolali. Faktor-faktor perilaku konsumen, baik perilaku internal maupun faktor eksternal banyak mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dengan pengetahuan mengenai perilaku konsumen diharapkan perusahaan atau produsen yang menjual produknya dapat lebih baik menerapkan strategi pemasarannya. Hipotesis dalam penelitian ini menduga bahwa ada keterkaitan antara perilaku konsumen yang ditinjau dari selera konsumen, usia, jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan konsumen terhadap keputusan pembelian dengan indikator produk, merk, penjual dan cara pembayaran. Metode penelitian yang digunakan adalah angket secara tertutup yang telah disebarkan kepada konsumen yang berada di Kalurahan Ngesrep Kabupaten Boyolali, didapatkan sebanyak 100 responden atau angket yang kembali dan layak untuk diuji. Hipotesis dibuktikan dengan model regresi berganda, rumus: Y = a + b1x1 + b2x2 + b3x3 + b4x4 + e. Dari hasil pengujian t -test didapatkan bahwa variabel yang berpengaruh secara signifikan adalah selera konsumen (x 1) yaitu 2,396 dengan signifikansi 0,019 pada taraf ketelitian 5% dan tingkat pendapatan konsumen (x 4) yaitu 2,142 dengan signifikansi 0,032 pada taraf ketelitian 5%. Sedangkan variabel usia (x2) dan jenis pekerjaan (x3) tidak signifikan pada taraf signifikansi 5%. Sehingga hubungan yang berarti atau berpengaruh secara signifikan adalah selera dan tingkat pendapatan konsumen. Sehingga menunjukkan bahwa setiap perubahan selera (x1) sebesar satu satuan akan mempengaruhi keputusan pembelian dengan peningkatan sebesar 0,510. Sedangk an variabel tingkat pendapatan (x 4) sebesar 0,182 yang secara signifikan juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Pengaruh secara serentak ditentukan oleh nilai F-hitung yang signifikan pada taraf 5% yaitu sebesar 3,983 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,045. Sehingga hubungan serentak yang terjadi antara variabel independen berarti atau signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi atau R2 menunjukkan besarnya hubungan yaitu sebesar 0,606. dengan demikian dapat dinyatakan konsumen yaitu selera, usia, jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 60,6%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar model sebesar 39,4%.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11049
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
publishDate 2006
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11049 https://eprints.ums.ac.id/11049/ ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK INDOMIE DI KALURAHAN NGESREP KABUPATEN BOYOLALI KANDIAWAN , DIAN HB Economic Theory Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen yang ditinjau dari segi selera, usia, jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk indomie dengan indikator produk, merk, penjual dan cara pembayaran yang dilaksanakan di Kalurahan Ngesrep Kabupaten Boyolali. Faktor-faktor perilaku konsumen, baik perilaku internal maupun faktor eksternal banyak mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dengan pengetahuan mengenai perilaku konsumen diharapkan perusahaan atau produsen yang menjual produknya dapat lebih baik menerapkan strategi pemasarannya. Hipotesis dalam penelitian ini menduga bahwa ada keterkaitan antara perilaku konsumen yang ditinjau dari selera konsumen, usia, jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan konsumen terhadap keputusan pembelian dengan indikator produk, merk, penjual dan cara pembayaran. Metode penelitian yang digunakan adalah angket secara tertutup yang telah disebarkan kepada konsumen yang berada di Kalurahan Ngesrep Kabupaten Boyolali, didapatkan sebanyak 100 responden atau angket yang kembali dan layak untuk diuji. Hipotesis dibuktikan dengan model regresi berganda, rumus: Y = a + b1x1 + b2x2 + b3x3 + b4x4 + e. Dari hasil pengujian t -test didapatkan bahwa variabel yang berpengaruh secara signifikan adalah selera konsumen (x 1) yaitu 2,396 dengan signifikansi 0,019 pada taraf ketelitian 5% dan tingkat pendapatan konsumen (x 4) yaitu 2,142 dengan signifikansi 0,032 pada taraf ketelitian 5%. Sedangkan variabel usia (x2) dan jenis pekerjaan (x3) tidak signifikan pada taraf signifikansi 5%. Sehingga hubungan yang berarti atau berpengaruh secara signifikan adalah selera dan tingkat pendapatan konsumen. Sehingga menunjukkan bahwa setiap perubahan selera (x1) sebesar satu satuan akan mempengaruhi keputusan pembelian dengan peningkatan sebesar 0,510. Sedangk an variabel tingkat pendapatan (x 4) sebesar 0,182 yang secara signifikan juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Pengaruh secara serentak ditentukan oleh nilai F-hitung yang signifikan pada taraf 5% yaitu sebesar 3,983 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,045. Sehingga hubungan serentak yang terjadi antara variabel independen berarti atau signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi atau R2 menunjukkan besarnya hubungan yaitu sebesar 0,606. dengan demikian dapat dinyatakan konsumen yaitu selera, usia, jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 60,6%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar model sebesar 39,4%. 2006 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11049/1/HALAMAN_DEPAN.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11049/2/BAB_I.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11049/3/BAB_II.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11049/4/BAB_III.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11049/6/BAB_IV.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11049/8/DAFTAR_PUSTAKA.pdf KANDIAWAN , DIAN (2006) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK INDOMIE DI KALURAHAN NGESREP KABUPATEN BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . B100000540
spellingShingle HB Economic Theory
KANDIAWAN , DIAN
ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK INDOMIE DI KALURAHAN NGESREP KABUPATEN BOYOLALI
title ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK INDOMIE DI KALURAHAN NGESREP KABUPATEN BOYOLALI
title_full ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK INDOMIE DI KALURAHAN NGESREP KABUPATEN BOYOLALI
title_fullStr ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK INDOMIE DI KALURAHAN NGESREP KABUPATEN BOYOLALI
title_full_unstemmed ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK INDOMIE DI KALURAHAN NGESREP KABUPATEN BOYOLALI
title_short ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK INDOMIE DI KALURAHAN NGESREP KABUPATEN BOYOLALI
title_sort analisis perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk indomie di kalurahan ngesrep kabupaten boyolali
topic HB Economic Theory
url https://eprints.ums.ac.id/11049/
work_keys_str_mv AT kandiawandian analisisperilakukonsumenterhadapkeputusanpembelianprodukindomiedikalurahanngesrepkabupatenboyolali