ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK INDOMIE DI KALURAHAN NGESREP KABUPATEN BOYOLALI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen yang ditinjau dari segi selera, usia, jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk indomie dengan indikator produk, merk, penjual dan cara pembayaran yang dilaksana...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: KANDIAWAN , DIAN
格式: Thesis
語言:English
English
English
English
English
English
出版: 2006
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/11049/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen yang ditinjau dari segi selera, usia, jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk indomie dengan indikator produk, merk, penjual dan cara pembayaran yang dilaksanakan di Kalurahan Ngesrep Kabupaten Boyolali. Faktor-faktor perilaku konsumen, baik perilaku internal maupun faktor eksternal banyak mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dengan pengetahuan mengenai perilaku konsumen diharapkan perusahaan atau produsen yang menjual produknya dapat lebih baik menerapkan strategi pemasarannya. Hipotesis dalam penelitian ini menduga bahwa ada keterkaitan antara perilaku konsumen yang ditinjau dari selera konsumen, usia, jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan konsumen terhadap keputusan pembelian dengan indikator produk, merk, penjual dan cara pembayaran. Metode penelitian yang digunakan adalah angket secara tertutup yang telah disebarkan kepada konsumen yang berada di Kalurahan Ngesrep Kabupaten Boyolali, didapatkan sebanyak 100 responden atau angket yang kembali dan layak untuk diuji. Hipotesis dibuktikan dengan model regresi berganda, rumus: Y = a + b1x1 + b2x2 + b3x3 + b4x4 + e. Dari hasil pengujian t -test didapatkan bahwa variabel yang berpengaruh secara signifikan adalah selera konsumen (x 1) yaitu 2,396 dengan signifikansi 0,019 pada taraf ketelitian 5% dan tingkat pendapatan konsumen (x 4) yaitu 2,142 dengan signifikansi 0,032 pada taraf ketelitian 5%. Sedangkan variabel usia (x2) dan jenis pekerjaan (x3) tidak signifikan pada taraf signifikansi 5%. Sehingga hubungan yang berarti atau berpengaruh secara signifikan adalah selera dan tingkat pendapatan konsumen. Sehingga menunjukkan bahwa setiap perubahan selera (x1) sebesar satu satuan akan mempengaruhi keputusan pembelian dengan peningkatan sebesar 0,510. Sedangk an variabel tingkat pendapatan (x 4) sebesar 0,182 yang secara signifikan juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Pengaruh secara serentak ditentukan oleh nilai F-hitung yang signifikan pada taraf 5% yaitu sebesar 3,983 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,045. Sehingga hubungan serentak yang terjadi antara variabel independen berarti atau signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi atau R2 menunjukkan besarnya hubungan yaitu sebesar 0,606. dengan demikian dapat dinyatakan konsumen yaitu selera, usia, jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 60,6%. Sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar model sebesar 39,4%.