ANALISIS PERILAKU KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK INDOMIE DI KALURAHAN NGESREP KABUPATEN BOYOLALI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen yang ditinjau dari segi selera, usia, jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk indomie dengan indikator produk, merk, penjual dan cara pembayaran yang dilaksana...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English |
Published: |
2006
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11049/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku
konsumen yang ditinjau dari segi selera, usia, jenis pekerjaan dan tingkat
pendapatan terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk indomie
dengan indikator produk, merk, penjual dan cara pembayaran yang dilaksanakan
di Kalurahan Ngesrep Kabupaten Boyolali.
Faktor-faktor perilaku konsumen, baik perilaku internal maupun faktor
eksternal banyak mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Dengan
pengetahuan mengenai perilaku konsumen diharapkan perusahaan atau produsen
yang menjual produknya dapat lebih baik menerapkan strategi pemasarannya.
Hipotesis dalam penelitian ini menduga bahwa ada keterkaitan antara
perilaku konsumen yang ditinjau dari selera konsumen, usia, jenis pekerjaan dan
tingkat pendapatan konsumen terhadap keputusan pembelian dengan indikator
produk, merk, penjual dan cara pembayaran.
Metode penelitian yang digunakan adalah angket secara tertutup yang
telah disebarkan kepada konsumen yang berada di Kalurahan Ngesrep Kabupaten
Boyolali, didapatkan sebanyak 100 responden atau angket yang kembali dan layak
untuk diuji.
Hipotesis dibuktikan dengan model regresi berganda, rumus:
Y = a + b1x1 + b2x2 + b3x3 + b4x4 + e.
Dari hasil pengujian t -test didapatkan bahwa variabel yang berpengaruh
secara signifikan adalah selera konsumen (x 1) yaitu 2,396 dengan signifikansi
0,019 pada taraf ketelitian 5% dan tingkat pendapatan konsumen (x 4) yaitu 2,142
dengan signifikansi 0,032 pada taraf ketelitian 5%. Sedangkan variabel usia (x2)
dan jenis pekerjaan (x3) tidak signifikan pada taraf signifikansi 5%. Sehingga
hubungan yang berarti atau berpengaruh secara signifikan adalah selera dan
tingkat pendapatan konsumen. Sehingga menunjukkan bahwa setiap perubahan
selera (x1) sebesar satu satuan akan mempengaruhi keputusan pembelian dengan
peningkatan sebesar 0,510. Sedangk an variabel tingkat pendapatan (x 4) sebesar
0,182 yang secara signifikan juga berpengaruh terhadap keputusan pembelian.
Pengaruh secara serentak ditentukan oleh nilai F-hitung yang signifikan
pada taraf 5% yaitu sebesar 3,983 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,045.
Sehingga hubungan serentak yang terjadi antara variabel independen berarti atau
signifikan berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Koefisien determinasi atau
R2
menunjukkan besarnya hubungan yaitu sebesar 0,606. dengan demikian dapat
dinyatakan konsumen yaitu selera, usia, jenis pekerjaan dan tingkat pendapatan
berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 60,6%. Sedangkan
sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar model sebesar 39,4%.
|
---|