PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KREATIVITAS SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN HEURISTIK (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII B SMP Islam Al Hadi )

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar matematika melalui pendekatan heuristik sampai 75%, meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar matematika melalui pendekatan heuristik sampai 75% dan meningkatkan daya serap kelas VII B SMP Islam Al Hadi sampai 75%. Jeni...

Popoln opis

Shranjeno v:
Bibliografske podrobnosti
Glavni avtor: PRAMESTI , DIAN
Format: Thesis
Jezik:English
English
English
English
English
English
English
Izdano: 2007
Teme:
Online dostop:https://eprints.ums.ac.id/11044/
Oznake: Označite
Brez oznak, prvi označite!
Opis
Izvleček:Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar matematika melalui pendekatan heuristik sampai 75%, meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar matematika melalui pendekatan heuristik sampai 75% dan meningkatkan daya serap kelas VII B SMP Islam Al Hadi sampai 75%. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subyek yang menerima tindakan siswa kelas VII B semester gasal tahun 2006/2007 SMP Islam Al Hadi yang berjumlah 41 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, dan review. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi penyelidik. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, adalah 1) aktivitas bertanya meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian 29,27%, pada putaran I 43,90%, putaran II 58,54%, putaran III 68,29%, putaran IV 80,48%. Aktivitas menjawab pertanyaan guru meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian 24,39%, pada putaran I 41,46%, putaran II 56,10%, putaran III 65,85%, putaran IV 78,05%. Aktivitas mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian 29,27%, pada putaran I 46,34%, putaran II 60,98%, putaran III 70,73%, putaran IV 82,93%, 2) kreativitas siswa dalam mengeluarkan ide/pendapat/gagasan meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian 24,39%, pada putaran I 39,02%, putaran II 53,66%, putaran III 63,41%, putaran IV 75,61%, 3) daya serap kelas VII B meningkat, yaitu sebelum adanya tindakan, siswa yang memperoleh nilai ≥ 75 sebesar 21,95%, pada putaran I 36,58%, putaran II 46,34%, putaran III 60,97%, putaran IV 80,48%.