PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KREATIVITAS SISWA DALAM BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN HEURISTIK (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII B SMP Islam Al Hadi )
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar matematika melalui pendekatan heuristik sampai 75%, meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar matematika melalui pendekatan heuristik sampai 75% dan meningkatkan daya serap kelas VII B SMP Islam Al Hadi sampai 75%. Jeni...
محفوظ في:
المؤلف الرئيسي: | |
---|---|
التنسيق: | أطروحة |
اللغة: | English English English English English English English |
منشور في: |
2007
|
الموضوعات: | |
الوصول للمادة أونلاين: | https://eprints.ums.ac.id/11044/ |
الوسوم: |
إضافة وسم
لا توجد وسوم, كن أول من يضع وسما على هذه التسجيلة!
|
الملخص: | Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar
matematika melalui pendekatan heuristik sampai 75%, meningkatkan kreativitas
siswa dalam belajar matematika melalui pendekatan heuristik sampai 75% dan
meningkatkan daya serap kelas VII B SMP Islam Al Hadi sampai 75%. Jenis
penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), subyek yang menerima
tindakan siswa kelas VII B semester gasal tahun 2006/2007 SMP Islam Al Hadi
yang berjumlah 41 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan,
dan review. Keabsahan data diperiksa dengan triangulasi penyelidik. Data
dianalisis secara deskriptif kualitatif model alur yaitu reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini, adalah 1) aktivitas bertanya
meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian 29,27%, pada putaran I 43,90%,
putaran II 58,54%, putaran III 68,29%, putaran IV 80,48%. Aktivitas menjawab
pertanyaan guru meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian 24,39%, pada
putaran I 41,46%, putaran II 56,10%, putaran III 65,85%, putaran IV 78,05%.
Aktivitas mengerjakan soal-soal latihan di depan kelas meningkat, yaitu sebelum
adanya penelitian 29,27%, pada putaran I 46,34%, putaran II 60,98%, putaran III
70,73%, putaran IV 82,93%, 2) kreativitas siswa dalam mengeluarkan
ide/pendapat/gagasan meningkat, yaitu sebelum adanya penelitian 24,39%, pada
putaran I 39,02%, putaran II 53,66%, putaran III 63,41%, putaran IV 75,61%,
3) daya serap kelas VII B meningkat, yaitu sebelum adanya tindakan, siswa yang
memperoleh nilai ≥ 75 sebesar 21,95%, pada putaran I 36,58%, putaran II
46,34%, putaran III 60,97%, putaran IV 80,48%.
|
---|