PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TERPADU PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL (Siswa Kelas III SD N Pabelan I Sukoharjo Tahun Ajaran 2006/2007)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh metode pembelajaran terpadu terhadap prestasi belajar matematika,(2) pengaruh kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika,(3) pengaruh pembelajaran terpadu terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemam...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11042/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Pengaruh metode
pembelajaran terpadu terhadap prestasi belajar matematika,(2) pengaruh
kemampuan awal terhadap prestasi belajar matematika,(3) pengaruh pembelajaran
terpadu terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa.
Sampel diambil secara random sebanyak 62 siswa yang terbagi dua kelas, yaitu
kelas Eksperimen sebanyak 31 siswa dan kelas control sebanyak 31 siswa, metode
pengumpulan datanya adalah metode tes sebagai metode pokok, sedangkan
dokumentasi sebagai metode bantu. Tehnik analisis datanya dengan anava dua
jalan. Dari analisis dengan taraf signifikan 0.05, diperoleh hasil (1) Terdapat
pengaruh penggunaan metode pembelajaran terpadu terhadap prestasi belajar
matematika dengan Fa=17.737, (2) Terdapat pengaruh kemampuan awal terhadap
prestasi belajar matematika dengan Fb= 4,823, (3) Tidak terdapat pengaruh
interaksi antara penggunaan metode pembelajaran terpadu dan kemampuan awal
terhadap prestasi belajar matematika dengan Fab=0,705
|
---|