PENGARUH KREATIVITAS DAN INTENSITAS BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Siswa Kelas I SMP Negeri I Ampel Kabupaten Boyolali)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kreativitas terhadap kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran matematika, (2) pengaruh intensitas belajar matematika terhadap kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran matematika, (3) pengaruh kreativitas dan intensitas belajar...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NURYANTI , NURYANTI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11041/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995233828569088
author NURYANTI , NURYANTI
author_facet NURYANTI , NURYANTI
author_sort NURYANTI , NURYANTI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kreativitas terhadap kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran matematika, (2) pengaruh intensitas belajar matematika terhadap kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran matematika, (3) pengaruh kreativitas dan intensitas belajar matematika terhadap kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SMP Negeri I Ampel Kabupaten Boyolali tahun Ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 240 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan linieritas. Berdasarkan hasil penelitian ini dengan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh kreativitas terhadap kemampuan kognitif siswa dengan nilai rhitung = 0,343 > rtabel = 0,221, (2) terdapat, pengaruh intensitas belajar matematika terhadap kemampuan kognitif siswa dengan nilai rhitung = 0,339 > rtabel = 0,221 (3) terdapat pengaruh kreativitas dan intensitas belajar matematika terhadap kemampuan kognitif siswa dengan nilai Fhitung= 25,217. Kontribusi efektif kreativitas belajar terhadap kemampuan kognitif siswa sebesar 40,50% dan intensitas belajar siswa sebesar 36,31%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kreativitas dan intensitas belajar matematika berpengaruh positif terhadap kemampuan kognitif siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11041
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11041 https://eprints.ums.ac.id/11041/ PENGARUH KREATIVITAS DAN INTENSITAS BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Siswa Kelas I SMP Negeri I Ampel Kabupaten Boyolali) NURYANTI , NURYANTI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kreativitas terhadap kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran matematika, (2) pengaruh intensitas belajar matematika terhadap kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran matematika, (3) pengaruh kreativitas dan intensitas belajar matematika terhadap kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SMP Negeri I Ampel Kabupaten Boyolali tahun Ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 240 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan linieritas. Berdasarkan hasil penelitian ini dengan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh kreativitas terhadap kemampuan kognitif siswa dengan nilai rhitung = 0,343 > rtabel = 0,221, (2) terdapat, pengaruh intensitas belajar matematika terhadap kemampuan kognitif siswa dengan nilai rhitung = 0,339 > rtabel = 0,221 (3) terdapat pengaruh kreativitas dan intensitas belajar matematika terhadap kemampuan kognitif siswa dengan nilai Fhitung= 25,217. Kontribusi efektif kreativitas belajar terhadap kemampuan kognitif siswa sebesar 40,50% dan intensitas belajar siswa sebesar 36,31%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kreativitas dan intensitas belajar matematika berpengaruh positif terhadap kemampuan kognitif siswa. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11041/1/1._JUDUL.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11041/2/1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11041/3/2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11041/4/3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11041/7/4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11041/11/5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11041/14/dapus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11041/17/lamp.pdf NURYANTI , NURYANTI (2007) PENGARUH KREATIVITAS DAN INTENSITAS BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Siswa Kelas I SMP Negeri I Ampel Kabupaten Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410020157
spellingShingle L Education (General)
NURYANTI , NURYANTI
PENGARUH KREATIVITAS DAN INTENSITAS BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Siswa Kelas I SMP Negeri I Ampel Kabupaten Boyolali)
title PENGARUH KREATIVITAS DAN INTENSITAS BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Siswa Kelas I SMP Negeri I Ampel Kabupaten Boyolali)
title_full PENGARUH KREATIVITAS DAN INTENSITAS BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Siswa Kelas I SMP Negeri I Ampel Kabupaten Boyolali)
title_fullStr PENGARUH KREATIVITAS DAN INTENSITAS BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Siswa Kelas I SMP Negeri I Ampel Kabupaten Boyolali)
title_full_unstemmed PENGARUH KREATIVITAS DAN INTENSITAS BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Siswa Kelas I SMP Negeri I Ampel Kabupaten Boyolali)
title_short PENGARUH KREATIVITAS DAN INTENSITAS BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Siswa Kelas I SMP Negeri I Ampel Kabupaten Boyolali)
title_sort pengaruh kreativitas dan intensitas belajar matematika terhadap kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran matematika siswa kelas i smp negeri i ampel kabupaten boyolali
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11041/
work_keys_str_mv AT nuryantinuryanti pengaruhkreativitasdanintensitasbelajarmatematikaterhadapkemampuankognitifsiswadalammatapelajaranmatematikasiswakelasismpnegeriiampelkabupatenboyolali