PENGARUH KREATIVITAS DAN INTENSITAS BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Siswa Kelas I SMP Negeri I Ampel Kabupaten Boyolali)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kreativitas terhadap kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran matematika, (2) pengaruh intensitas belajar matematika terhadap kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran matematika, (3) pengaruh kreativitas dan intensitas belajar...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: NURYANTI , NURYANTI
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
English
English
English
English
English
English
出版事項: 2007
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/11041/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kreativitas terhadap kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran matematika, (2) pengaruh intensitas belajar matematika terhadap kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran matematika, (3) pengaruh kreativitas dan intensitas belajar matematika terhadap kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SMP Negeri I Ampel Kabupaten Boyolali tahun Ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah 240 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan linieritas. Berdasarkan hasil penelitian ini dengan taraf signifikansi 5% dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh kreativitas terhadap kemampuan kognitif siswa dengan nilai rhitung = 0,343 > rtabel = 0,221, (2) terdapat, pengaruh intensitas belajar matematika terhadap kemampuan kognitif siswa dengan nilai rhitung = 0,339 > rtabel = 0,221 (3) terdapat pengaruh kreativitas dan intensitas belajar matematika terhadap kemampuan kognitif siswa dengan nilai Fhitung= 25,217. Kontribusi efektif kreativitas belajar terhadap kemampuan kognitif siswa sebesar 40,50% dan intensitas belajar siswa sebesar 36,31%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kreativitas dan intensitas belajar matematika berpengaruh positif terhadap kemampuan kognitif siswa.