PENGARUH KREATIVITAS DAN INTENSITAS BELAJAR MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Siswa Kelas I SMP Negeri I Ampel Kabupaten Boyolali)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kreativitas terhadap kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran matematika, (2) pengaruh intensitas belajar matematika terhadap kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran matematika, (3) pengaruh kreativitas dan intensitas belajar...
में बचाया:
मुख्य लेखक: | |
---|---|
स्वरूप: | थीसिस |
भाषा: | English English English English English English English English |
प्रकाशित: |
2007
|
विषय: | |
ऑनलाइन पहुंच: | https://eprints.ums.ac.id/11041/ |
टैग: |
टैग जोड़ें
कोई टैग नहीं, इस रिकॉर्ड को टैग करने वाले पहले व्यक्ति बनें!
|
सारांश: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kreativitas
terhadap kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran matematika, (2)
pengaruh intensitas belajar matematika terhadap kemampuan kognitif siswa dalam
mata pelajaran matematika, (3) pengaruh kreativitas dan intensitas belajar
matematika terhadap kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran
matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas I SMP
Negeri I Ampel Kabupaten Boyolali tahun Ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6
kelas dengan jumlah 240 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 36 siswa
dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, tes dan dokumentasi. Teknik
analisis data yang digunakan adalah regresi linier yang sebelumnya dilakukan uji
normalitas dan linieritas. Berdasarkan hasil penelitian ini dengan taraf signifikansi
5% dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh kreativitas terhadap
kemampuan kognitif siswa dengan nilai rhitung = 0,343 > rtabel = 0,221, (2) terdapat,
pengaruh intensitas belajar matematika terhadap kemampuan kognitif siswa
dengan nilai rhitung = 0,339 > rtabel = 0,221 (3) terdapat pengaruh kreativitas dan
intensitas belajar matematika terhadap kemampuan kognitif siswa dengan nilai
Fhitung= 25,217. Kontribusi efektif kreativitas belajar terhadap kemampuan
kognitif siswa sebesar 40,50% dan intensitas belajar siswa sebesar 36,31%.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa kreativitas dan intensitas belajar matematika
berpengaruh positif terhadap kemampuan kognitif siswa.
|
---|