PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Penelitian ini bertujuan untuk :1) Mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran dengan pendekatan open ended terhadap prestasi belajar matematika; 2) Mengetahui pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika; 3) Mengetahui interaksi antara penggunaan pendekatan open...

Fuld beskrivelse

Saved in:
Bibliografiske detaljer
Hovedforfatter: PUTRI, APRIYANTI PANCA
Format: Thesis
Sprog:English
English
English
English
English
English
English
English
Udgivet: 2007
Fag:
Online adgang:https://eprints.ums.ac.id/11038/
Tags: Tilføj Tag
Ingen Tags, Vær først til at tagge denne postø!
_version_ 1804995232994951168
author PUTRI, APRIYANTI PANCA
author_facet PUTRI, APRIYANTI PANCA
author_sort PUTRI, APRIYANTI PANCA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk :1) Mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran dengan pendekatan open ended terhadap prestasi belajar matematika; 2) Mengetahui pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika; 3) Mengetahui interaksi antara penggunaan pendekatan open ended dan keaktifan belajar matematika siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan pecahan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP N 3 Magelang tahun a jaran 2005/2006. Sebagai sampel diambil dua kelas yang kemudian dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Proses pengumpulan data menggunakan metode angket, metode tes dan metode dokumentasi. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknis analisis data adalah teknis variansi dua jalan.Hasil uji validitas angket menunjukkan bahwa dari 25 item pertanyaan, diperoleh 23 item pertanyaan yang valid, yaitu nilai r hitung > dari r tabel (0,239). Hasil uji realibititas menunjukkan nilai r sebesar 0,8746. angka r alpha > 0,6 maka dinyatakan variabel penelitian adalah reliabel. Berdasarkan hasil penelitian ini dengan  = 5% dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh pendekatan open ended terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan nilai F = 12,586; 2) Ada pengaruh keaktifan belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan nilai F = 47,762; 3) Ada interaksi antara pendekatan open ended dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi bel ajar matematika siswa dengan nilai F = 3,405. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan open ended dan keaktifan belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi bel ajar matematika pada pokok bahasan pecahan.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11038
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11038 https://eprints.ums.ac.id/11038/ PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA PUTRI, APRIYANTI PANCA L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk :1) Mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran dengan pendekatan open ended terhadap prestasi belajar matematika; 2) Mengetahui pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika; 3) Mengetahui interaksi antara penggunaan pendekatan open ended dan keaktifan belajar matematika siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan pecahan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP N 3 Magelang tahun a jaran 2005/2006. Sebagai sampel diambil dua kelas yang kemudian dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Proses pengumpulan data menggunakan metode angket, metode tes dan metode dokumentasi. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknis analisis data adalah teknis variansi dua jalan.Hasil uji validitas angket menunjukkan bahwa dari 25 item pertanyaan, diperoleh 23 item pertanyaan yang valid, yaitu nilai r hitung > dari r tabel (0,239). Hasil uji realibititas menunjukkan nilai r sebesar 0,8746. angka r alpha > 0,6 maka dinyatakan variabel penelitian adalah reliabel. Berdasarkan hasil penelitian ini dengan  = 5% dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh pendekatan open ended terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan nilai F = 12,586; 2) Ada pengaruh keaktifan belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan nilai F = 47,762; 3) Ada interaksi antara pendekatan open ended dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi bel ajar matematika siswa dengan nilai F = 3,405. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan pendekatan open ended dan keaktifan belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi belajar matematika siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi bel ajar matematika pada pokok bahasan pecahan. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11038/1/Dpn.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11038/2/1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11038/5/2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11038/7/3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11038/9/4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11038/11/5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11038/13/dptka.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11038/15/lamp.pdf PUTRI, APRIYANTI PANCA (2007) PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410020140
spellingShingle L Education (General)
PUTRI, APRIYANTI PANCA
PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA
title PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA
title_full PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA
title_fullStr PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA
title_full_unstemmed PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA
title_short PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA
title_sort pengaruh pendekatan open ended terhadap prestasi belajar ditinjau dari keaktifan belajar matematika siswa
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11038/
work_keys_str_mv AT putriapriyantipanca pengaruhpendekatanopenendedterhadapprestasibelajarditinjaudarikeaktifanbelajarmatematikasiswa