PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP PRESTASI BELAJAR DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA SISWA
Penelitian ini bertujuan untuk :1) Mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran dengan pendekatan open ended terhadap prestasi belajar matematika; 2) Mengetahui pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika; 3) Mengetahui interaksi antara penggunaan pendekatan open...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11038/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk :1) Mengetahui pengaruh penggunaan
metode pembelajaran dengan pendekatan open ended terhadap prestasi belajar
matematika; 2) Mengetahui pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi
belajar matematika; 3) Mengetahui interaksi antara penggunaan pendekatan open
ended dan keaktifan belajar matematika siswa terhadap prestasi belajar
matematika siswa pada pokok bahasan pecahan. Populasi dalam penelitian ini
adalah semua siswa kelas VII SMP N 3 Magelang tahun a jaran 2005/2006.
Sebagai sampel diambil dua kelas yang kemudian dijadikan kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Proses pengumpulan data menggunakan metode angket, metode tes
dan metode dokumentasi. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji
normalitas dan uji homogenitas. Teknis analisis data adalah teknis variansi dua
jalan.Hasil uji validitas angket menunjukkan bahwa dari 25 item pertanyaan,
diperoleh 23 item pertanyaan yang valid, yaitu nilai r hitung > dari r tabel (0,239).
Hasil uji realibititas menunjukkan nilai r sebesar 0,8746. angka r alpha > 0,6 maka
dinyatakan variabel penelitian adalah reliabel. Berdasarkan hasil penelitian ini
dengan = 5% dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh pendekatan open
ended terhadap prestasi belajar matematika siswa dengan nilai F = 12,586; 2) Ada
pengaruh keaktifan belajar matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa
dengan nilai F = 47,762; 3) Ada interaksi antara pendekatan open ended dan
keaktifan belajar siswa terhadap prestasi bel ajar matematika siswa dengan nilai F
= 3,405. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika dengan
pendekatan open ended dan keaktifan belajar siswa berpengaruh terhadap prestasi
belajar matematika siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi bel ajar
matematika pada pokok bahasan pecahan. |
---|