PENGEMBANGAN MATERI SEGITIGA KELAS VII SEMESTER II SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Dalam proses pembelajaran matematika sering ditemui kesulitan yang dialami oleh guru maupun siswa. Diantaranya, guru mengalami kesulitan dalam menjelaskan materi tertentu, siswa mangalami kebosanan pada saat mengikuti pelajaran matematika, selain menurut mere...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11033/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Dalam proses pembelajaran matematika sering ditemui kesulitan yang
dialami oleh guru maupun siswa. Diantaranya, guru mengalami kesulitan dalam
menjelaskan materi tertentu, siswa mangalami kebosanan pada saat mengikuti pelajaran
matematika, selain menurut mereka pelajaran matematika itu pelajaran yang sulit, juga
cara penyampaian materi yang monoton oleh guru. Oleh karena itu, penulis memandang
perlu suatu media pembelajaran sebagai perantara untuk menyampaikan bahan ajar oleh
guru kepada siswa. Dengan media ini diharapkan mampu mengatasi kebosanan dan
kejenuhan siswa dalam proses belajar mengajar matematika khususnya pada pokok
bahasan segitiga kelas VII semester II Sekolah Menengah Pertama. Komputer sebagai
media pembelajaran lebih menekankan pada pemanfaatan komputer yang digunakan
sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar. Dengan memanfaatkan Soft ware
Microsft PowerPoint untuk membuat teks dan gambar yang disetai dengan animasi
bertujuan untuk mengurangi rasa bosan dan menarik perhatian siswa dalam proses
pembelajaran matematika. Metode yang digunakan adalah studi pustaka, studi
internet, dengan ditindak lanjuti perencanaan program, analisis dan implementasi
program dengan wawancara untuk mengetahui kebenaran dan kejelasan materi
dengan animasi-animasi yang ditampilkan. Hasil dari penelitian ini adalah suatu
media pembelajaran yang dapat digunakan siswa secara mandiri dan dapat
digunakan guru sebagai media untuk menyampaikan bahan ajar dikelas. |
---|