KONTRIBUSI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2005/2006 SMP NEGERI 1 KALIKOTES KLATEN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII Semester Ganjil tahun pelajaran 2005/2006 SMP Negeri 1 Kalikotes Klaten dan seberapa besar pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah tersebut terhadap ha...
Сохранить в:
Главный автор: | |
---|---|
Формат: | Диссертация |
Язык: | English English English English English English English English |
Опубликовано: |
2007
|
Предметы: | |
Online-ссылка: | https://eprints.ums.ac.id/11028/ |
Метки: |
Добавить метку
Нет меток, Требуется 1-ая метка записи!
|
Итог: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pemanfaatan
perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII Semester
Ganjil tahun pelajaran 2005/2006 SMP Negeri 1 Kalikotes Klaten dan seberapa
besar pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah tersebut terhadap hasil belajar
Biologi siswa kelas VIII Semester Ganjil tahun pelajaran 2005/2006 SMP Negeri
1 Kalikotes Klaten. Penelitian ini termasuk penelitian diskriptif dengan variabel
bebas pemanfaatan perpustakaan sekolah (X) dan hasil belajar biologi (Y)
sebagai variabel terikat. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri
1 kalikotes tahun pelajaran 2005/2006, yang berjumlah 200 orang yang terbagi
atas 5 kelas. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 40 siswa dengan
menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik dokumentasi dan angket. Analisis yang digunakan dalam
penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana, uji t dan uji R2
(Koefisien
Determinasi). Berdasarkan hasil try out diketahui bahwa semua item pertanyaan
sudah valid, terbukti dari hasil analisis diperoleh semua nilai r hitung > r tabel (0,444).
Hasil uji reliabilitas dapat diketahui bahwa semua angket sudah reliabel. Hal ini
terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai koefisien cronbach alpha (0,8579) >
0,60. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pemanfaatan perpustakaan
sekolah memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap hasil belajar
Biologi siswa kelas VIII Semester Ganjil tahun pelajaran 2005/2006 SMP Negeri
1 Kalikotes Klaten, hal ini terbukti dari hasil uji t diperoleh nilai thitung (13,975) >
ttabel (1,960); dan 2) p emanfaatan perpustakaan sekolah memberikan kontribusi
sebesar 83,7% terhadap hasil belajar biologi, sedangkan sisanya (16,3%)
dipengaruhi oleh faktor lain, misalnya kualitas komunikasi, intelegensi siswa dan
lain- lain. |
---|