KONTRIBUSI PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2005/2006 SMP NEGERI 1 KALIKOTES KLATEN

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII Semester Ganjil tahun pelajaran 2005/2006 SMP Negeri 1 Kalikotes Klaten dan seberapa besar pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah tersebut terhadap ha...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WIDAYATI , GENDA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11028/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pemanfaatan perpustakaan sekolah terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII Semester Ganjil tahun pelajaran 2005/2006 SMP Negeri 1 Kalikotes Klaten dan seberapa besar pengaruh pemanfaatan perpustakaan sekolah tersebut terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII Semester Ganjil tahun pelajaran 2005/2006 SMP Negeri 1 Kalikotes Klaten. Penelitian ini termasuk penelitian diskriptif dengan variabel bebas pemanfaatan perpustakaan sekolah (X) dan hasil belajar biologi (Y) sebagai variabel terikat. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 kalikotes tahun pelajaran 2005/2006, yang berjumlah 200 orang yang terbagi atas 5 kelas. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 40 siswa dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana, uji t dan uji R2 (Koefisien Determinasi). Berdasarkan hasil try out diketahui bahwa semua item pertanyaan sudah valid, terbukti dari hasil analisis diperoleh semua nilai r hitung > r tabel (0,444). Hasil uji reliabilitas dapat diketahui bahwa semua angket sudah reliabel. Hal ini terbukti dari hasil analisis diperoleh nilai koefisien cronbach alpha (0,8579) > 0,60. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pemanfaatan perpustakaan sekolah memberikan kontribusi positif dan signifikan terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII Semester Ganjil tahun pelajaran 2005/2006 SMP Negeri 1 Kalikotes Klaten, hal ini terbukti dari hasil uji t diperoleh nilai thitung (13,975) > ttabel (1,960); dan 2) p emanfaatan perpustakaan sekolah memberikan kontribusi sebesar 83,7% terhadap hasil belajar biologi, sedangkan sisanya (16,3%) dipengaruhi oleh faktor lain, misalnya kualitas komunikasi, intelegensi siswa dan lain- lain.