PENGARUH KELENGKAPAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP N I SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2006/2007

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelengkapan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sragen tahun pelajaran 2006/2007. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik proportional random sampling. P...

Descrición completa

Gardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor Principal: PUTU , DENOK WAHYU
Formato: Thesis
Idioma:English
English
English
English
English
English
English
English
Publicado: 2007
Subjects:
Acceso en liña:https://eprints.ums.ac.id/11027/
Tags: Engadir etiqueta
Sen Etiquetas, Sexa o primeiro en etiquetar este rexistro!
Descripción
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kelengkapan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sragen tahun pelajaran 2006/2007. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik proportional random sampling. Populasi dalam penelitian ni sebanyak 240 siswa yang terdiri atas kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D, VIII E, dan VIII F dengan kelas VIII B sebagai sampel try out dan kelas VIII D sebagai sampel penelitian dengan masing-masing kelas berjumlah 40 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu kelengkapan fasilitas belajar, sedangkan variabel terikatnya yaitu motivasi belajar biologi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan metode dokumentasi, sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan regresi inear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang kuat atau penting kelengkapan fasilitas belajar motivasi belajar biologi yang ditunjukkan oleh harga Fhitung > Ftabel pada taraf signifikan 5% atau 12,439 > 4,10. Sedangkan untuk sumbangan efektif variabel kelengkapan fasilitas belajar sebesar 45, 01%.