HUBUNGAN KREATIVITAS GURU BIOLOGI DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI DI SMP NEGERI 1 BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2005/2006
Hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran selama ini adalah rendahnya motivasi siswa untuk belajar secara aktif dan mandiri. Dengan demikian diperlukan adanya kreativitas dari guru untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11026/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran selama ini adalah
rendahnya motivasi siswa untuk belajar secara aktif dan mandiri. Dengan
demikian diperlukan adanya kreativitas dari guru untuk dapat meningkatkan
motivasi belajar siswa. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui bagaimana hubungan kreativitas guru biologi dalam
memotivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar biologi di SMP Negeri 1
Bobotsari Kabupaten Purbalingga tahun ajaran 2005/2006. Dalam penelitian
ini sampel yang diambil sama dengan jumlah populasi, dan teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini adalah sampel populasi. Dengan teknik ini setiap
kelompok dari populasi mendapatkan kesempatan yang sama untuk diambil
sebagai sampel. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat satu (1)
guru memiliki skor kreativitas tinggi, empat (4) guru memiliki skor kreativitas
sedang dan satu (1) guru memiliki skor kreativitas rendah. Skor kreativitas
rendah tersebut ternyata berdampak pada pencapaian prestasi belajar siswa
yang lebih rendah dari kelas lainnya, artinya hipotesis yang menyatakan bahwa
ada hubungan antara kreativitas guru dalam memotivasi belajar dengan prestasi
belajar biologi siswa telah terbukti dan dapat diterima. Berdasarkan uraian
diatas dapat diambil kesimpulan analisis regresi hubungan kreativitas guru dan
prestasi murid dapat diwujudkan dengan persamaan: Y= -11,12 + 0,817X;
secara linear dengan R2
=0,931 dan besarnya korelasi positif sangat tinggi
(r=0,965) sehingga kreativitas guru berpengaruh dalam memotivasi belajar
siswa dengan prestasi belajar biologi pada siswa SMP Negeri 1 Bobotsari
Kabupaten Purbalingga tahun ajaran 2005/2006.
|
---|