HUBUNGAN KREATIVITAS GURU BIOLOGI DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI DI SMP NEGERI 1 BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2005/2006

Hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran selama ini adalah rendahnya motivasi siswa untuk belajar secara aktif dan mandiri. Dengan demikian diperlukan adanya kreativitas dari guru untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: YULLYET , LIENA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11026/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Hambatan yang dialami dalam proses pembelajaran selama ini adalah rendahnya motivasi siswa untuk belajar secara aktif dan mandiri. Dengan demikian diperlukan adanya kreativitas dari guru untuk dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hubungan kreativitas guru biologi dalam memotivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar biologi di SMP Negeri 1 Bobotsari Kabupaten Purbalingga tahun ajaran 2005/2006. Dalam penelitian ini sampel yang diambil sama dengan jumlah populasi, dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah sampel populasi. Dengan teknik ini setiap kelompok dari populasi mendapatkan kesempatan yang sama untuk diambil sebagai sampel. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat satu (1) guru memiliki skor kreativitas tinggi, empat (4) guru memiliki skor kreativitas sedang dan satu (1) guru memiliki skor kreativitas rendah. Skor kreativitas rendah tersebut ternyata berdampak pada pencapaian prestasi belajar siswa yang lebih rendah dari kelas lainnya, artinya hipotesis yang menyatakan bahwa ada hubungan antara kreativitas guru dalam memotivasi belajar dengan prestasi belajar biologi siswa telah terbukti dan dapat diterima. Berdasarkan uraian diatas dapat diambil kesimpulan analisis regresi hubungan kreativitas guru dan prestasi murid dapat diwujudkan dengan persamaan: Y= -11,12 + 0,817X; secara linear dengan R2 =0,931 dan besarnya korelasi positif sangat tinggi (r=0,965) sehingga kreativitas guru berpengaruh dalam memotivasi belajar siswa dengan prestasi belajar biologi pada siswa SMP Negeri 1 Bobotsari Kabupaten Purbalingga tahun ajaran 2005/2006.