ANALISA PENGARUH PRODUK, HARGA DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA (Survey di Kotamadya Surakarta)
Analisis pengaruh produk, harga dan iklan merupakan variabel independen (variabel bebas), keputusan pembelian sepeda motor Yamaha sebagai variabel dependen (variabel terikat). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha; 2) menge...
שמור ב:
מחבר ראשי: | |
---|---|
פורמט: | Thesis |
שפה: | English English English English English English English |
יצא לאור: |
2007
|
נושאים: | |
גישה מקוונת: | https://eprints.ums.ac.id/11022/ |
תגים: |
הוספת תג
אין תגיות, היה/י הראשונ/ה לתייג את הרשומה!
|
סיכום: | Analisis pengaruh produk, harga dan iklan merupakan variabel independen
(variabel bebas), keputusan pembelian sepeda motor Yamaha sebagai variabel
dependen (variabel terikat).
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh produk terhadap
keputusan pembelian sepeda motor Yamaha; 2) mengetahui pengaruh harga
terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha; 3) mengetahui pengaruh
iklan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha; 4) mengetahui
variabel yang lebih dominan terhadap keputusan pembelian sepeda motor
Yamaha.
Populasi adalah seluruh konsumen pembeli atau pemakai sepeda motor
Yamaha di Surakarta, sebanyak 135 responden dan jumlah sampel 130 responden.
Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan convinience sampling yaitu
memilih responden yang bersedia mejadi sampel. Analisis data yang digunakan
dengan regresi linier berganda, uji F, uji T dan koefisien determinasi (R2).
Berdasarkan pengujian data hasil analisis linier berganda diperoleh
persamaan regresi Y = 1,326 + 0,170 X1 + 0,267 X2 + 0,455 X3. Koefisien regresi
variabel produk (X1) adalah sebesar 0,170, sehingga apabila produk meningkat
maka keputusan pembelian sepeda motor Yamaha akan meningkat. Koefisien
regresi variabel harga (X2) adalah sebesar 0,267, sehingga apabila harga
meningkat maka keputusan pembelian sepeda motor Yamaha akan meningkat
koefisien regresi variabel iklan (X3) adalah sebesar 0,455, sehingga keputusan
pembelian sepeda motor Yamaha akan meningkat.
Hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel (31,713 > 2,60) maka menunjukkan
bahwa produk (X1), harga (X2), iklan (X3). Secara bersama-sama mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha.
Dengan menggunakan uji t diperoleh thitung produk sebesar 2,778 dan ttabel
1,984 (thitung > ttabel) yang berarti variabel produk berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian sepeda motor Yamaha, thitung harga sebesar 4,092 dan ttabel
1,984 (thitung > ttabel) berarti variabel harga berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian sepeda motor Yamaha, thitung iklan sebesar 4,959 dan ttabel
1,984 (thitung > ttabel) berarti variabel iklan berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian sepeda motor Yamaha.
Dari perhitungan determinasi diperoleh R Square sebesar 0,430, artinya
bahwa varian dijelaskan oleh variabel produk, harga dan iklan sebesar 43% pada
keputusan pembelian sepeda motor Yamaha. sedangkan sisanya sebesar 57%
dijelaskan oleh varian lain yang tidak terdapat dalam model atau tidak penulis
teliti.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa variabel yang paling dominan
pengaruhnya terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha adalah iklan. |
---|