ANALISA PENGARUH PRODUK, HARGA DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA (Survey di Kotamadya Surakarta)

Analisis pengaruh produk, harga dan iklan merupakan variabel independen (variabel bebas), keputusan pembelian sepeda motor Yamaha sebagai variabel dependen (variabel terikat). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha; 2) menge...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: LISTIOWATI, ENI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11022/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Analisis pengaruh produk, harga dan iklan merupakan variabel independen (variabel bebas), keputusan pembelian sepeda motor Yamaha sebagai variabel dependen (variabel terikat). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pengaruh produk terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha; 2) mengetahui pengaruh harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha; 3) mengetahui pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha; 4) mengetahui variabel yang lebih dominan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha. Populasi adalah seluruh konsumen pembeli atau pemakai sepeda motor Yamaha di Surakarta, sebanyak 135 responden dan jumlah sampel 130 responden. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan convinience sampling yaitu memilih responden yang bersedia mejadi sampel. Analisis data yang digunakan dengan regresi linier berganda, uji F, uji T dan koefisien determinasi (R2). Berdasarkan pengujian data hasil analisis linier berganda diperoleh persamaan regresi Y = 1,326 + 0,170 X1 + 0,267 X2 + 0,455 X3. Koefisien regresi variabel produk (X1) adalah sebesar 0,170, sehingga apabila produk meningkat maka keputusan pembelian sepeda motor Yamaha akan meningkat. Koefisien regresi variabel harga (X2) adalah sebesar 0,267, sehingga apabila harga meningkat maka keputusan pembelian sepeda motor Yamaha akan meningkat koefisien regresi variabel iklan (X3) adalah sebesar 0,455, sehingga keputusan pembelian sepeda motor Yamaha akan meningkat. Hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel (31,713 > 2,60) maka menunjukkan bahwa produk (X1), harga (X2), iklan (X3). Secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha. Dengan menggunakan uji t diperoleh thitung produk sebesar 2,778 dan ttabel 1,984 (thitung > ttabel) yang berarti variabel produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha, thitung harga sebesar 4,092 dan ttabel 1,984 (thitung > ttabel) berarti variabel harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha, thitung iklan sebesar 4,959 dan ttabel 1,984 (thitung > ttabel) berarti variabel iklan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha. Dari perhitungan determinasi diperoleh R Square sebesar 0,430, artinya bahwa varian dijelaskan oleh variabel produk, harga dan iklan sebesar 43% pada keputusan pembelian sepeda motor Yamaha. sedangkan sisanya sebesar 57% dijelaskan oleh varian lain yang tidak terdapat dalam model atau tidak penulis teliti. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa variabel yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha adalah iklan.