PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMECAHANMASALAH MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWAEksperimen Pembelajaran matematika kelas I SLTP N 2 TRUCUK )

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Trucuk tahun ajaran 2007 / 2008 yang berjumlah 240 siswa. Sample ditentukan sebanyak...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WULANDARI, FIBRIANTI
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11021/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995228230221824
author WULANDARI, FIBRIANTI
author_facet WULANDARI, FIBRIANTI
author_sort WULANDARI, FIBRIANTI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Trucuk tahun ajaran 2007 / 2008 yang berjumlah 240 siswa. Sample ditentukan sebanyak 50 siswa terdiri dari dua kelas, satu kelas untuk kelompok eksperimen dan satu kelas untuk kelompok kontrol. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah Cluster Random. Teknik analisis data menggunakan uji t. Sebelum dilakukan uji analisis, harus dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan hit F . Berdasarkan perhitungan t tes dengan taraf signifikan α : 5% diperoleh hitung t 5,017 sedangkan tabel t 1,96 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan pembelajaran konvensional.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11021
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11021 https://eprints.ums.ac.id/11021/ PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMECAHANMASALAH MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWAEksperimen Pembelajaran matematika kelas I SLTP N 2 TRUCUK ) WULANDARI, FIBRIANTI L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Trucuk tahun ajaran 2007 / 2008 yang berjumlah 240 siswa. Sample ditentukan sebanyak 50 siswa terdiri dari dua kelas, satu kelas untuk kelompok eksperimen dan satu kelas untuk kelompok kontrol. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah Cluster Random. Teknik analisis data menggunakan uji t. Sebelum dilakukan uji analisis, harus dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan metode Lilliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan hit F . Berdasarkan perhitungan t tes dengan taraf signifikan α : 5% diperoleh hitung t 5,017 sedangkan tabel t 1,96 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar matematika antara siswa yang diberi pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan pembelajaran konvensional. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11021/1/dpn.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11021/2/1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11021/5/2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11021/9/3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11021/11/4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11021/14/5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11021/17/dapus.pdf WULANDARI, FIBRIANTI (2007) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMECAHANMASALAH MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWAEksperimen Pembelajaran matematika kelas I SLTP N 2 TRUCUK ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410030199
spellingShingle L Education (General)
WULANDARI, FIBRIANTI
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMECAHANMASALAH MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWAEksperimen Pembelajaran matematika kelas I SLTP N 2 TRUCUK )
title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMECAHANMASALAH MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWAEksperimen Pembelajaran matematika kelas I SLTP N 2 TRUCUK )
title_full PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMECAHANMASALAH MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWAEksperimen Pembelajaran matematika kelas I SLTP N 2 TRUCUK )
title_fullStr PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMECAHANMASALAH MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWAEksperimen Pembelajaran matematika kelas I SLTP N 2 TRUCUK )
title_full_unstemmed PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMECAHANMASALAH MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWAEksperimen Pembelajaran matematika kelas I SLTP N 2 TRUCUK )
title_short PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMECAHANMASALAH MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWAEksperimen Pembelajaran matematika kelas I SLTP N 2 TRUCUK )
title_sort pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning dalam pemecahanmasalah matematika terhadap prestasi belajar siswaeksperimen pembelajaran matematika kelas i sltp n 2 trucuk
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11021/
work_keys_str_mv AT wulandarifibrianti pengaruhmodelpembelajarancontextualteachingandlearningdalampemecahanmasalahmatematikaterhadapprestasibelajarsiswaeksperimenpembelajaranmatematikakelasisltpn2trucuk