PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMECAHANMASALAH MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWAEksperimen Pembelajaran matematika kelas I SLTP N 2 TRUCUK )
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap prestasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Trucuk tahun ajaran 2007 / 2008 yang berjumlah 240 siswa. Sample ditentukan sebanyak...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11021/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran
Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap prestasi belajar siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Trucuk tahun
ajaran 2007 / 2008 yang berjumlah 240 siswa. Sample ditentukan sebanyak 50
siswa terdiri dari dua kelas, satu kelas untuk kelompok eksperimen dan satu kelas
untuk kelompok kontrol. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah
Cluster Random. Teknik analisis data menggunakan uji t. Sebelum dilakukan uji
analisis, harus dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dengan metode
Lilliefors dan uji homogenitas dengan menggunakan
hit
F . Berdasarkan
perhitungan t tes dengan taraf signifikan α : 5% diperoleh
hitung t 5,017 sedangkan
tabel
t 1,96 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan prestasi
belajar matematika antara siswa yang diberi pembelajaran Contextual Teaching
and Learning dan pembelajaran konvensional. |
---|