PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KETRAMPILAN SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP N 1 Karanganyar)

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan model pembelajaran inquiry, 2) meningkatakan ketrampilan siswa dengan model pembelajaran inquiry. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIA SMP N 1 Ka...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PRAMESWATI, JUWANITA
Format: Thesis
Language:English
English
English
English
English
English
English
English
Published: 2007
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/11020/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804995227954446336
author PRAMESWATI, JUWANITA
author_facet PRAMESWATI, JUWANITA
author_sort PRAMESWATI, JUWANITA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk 1) Meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan model pembelajaran inquiry, 2) meningkatakan ketrampilan siswa dengan model pembelajaran inquiry. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIA SMP N 1 Karanganyar yang berjumlah 30 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 3 kali putaran. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya pemahaman konsep matematika dari 20% menjadi 90%. Sebelum tindakan jumlah siswa yang memahami konsep sebanyak 6 siswa (20%), pada putaran I sebanyak 14 siswa (46,67%), pada putaran II sebanyak 21 siswa (70%), pada putaran III seabanyak 27 siswa (90%). Hasil penelitian yang lain yaitu meningkatkan ketrampilan siswa dari26,67% menjadi 93,33%. Sebelum tindakan jumlah siswa tentang katrampilan sebanyak 8 siswa (26,67%), pada putaran I sebanyak 18 siswa (60%), pada putaran II sebanyak 23 siswa (76,67%), dan pada putaran III sebanyak 28 siswa (93,33%). Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dan ketrampilan siswa. Sehingga diharapkan para guru matematika dapat menggunakan model pembelajaran inquiry dalam pembelajaran matematika.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:11020
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
English
English
English
English
English
English
publishDate 2007
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:11020 https://eprints.ums.ac.id/11020/ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KETRAMPILAN SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP N 1 Karanganyar) PRAMESWATI, JUWANITA L Education (General) Penelitian ini bertujuan untuk 1) Meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan model pembelajaran inquiry, 2) meningkatakan ketrampilan siswa dengan model pembelajaran inquiry. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIA SMP N 1 Karanganyar yang berjumlah 30 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, review dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam 3 kali putaran. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya pemahaman konsep matematika dari 20% menjadi 90%. Sebelum tindakan jumlah siswa yang memahami konsep sebanyak 6 siswa (20%), pada putaran I sebanyak 14 siswa (46,67%), pada putaran II sebanyak 21 siswa (70%), pada putaran III seabanyak 27 siswa (90%). Hasil penelitian yang lain yaitu meningkatkan ketrampilan siswa dari26,67% menjadi 93,33%. Sebelum tindakan jumlah siswa tentang katrampilan sebanyak 8 siswa (26,67%), pada putaran I sebanyak 18 siswa (60%), pada putaran II sebanyak 23 siswa (76,67%), dan pada putaran III sebanyak 28 siswa (93,33%). Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran inquiry dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dan ketrampilan siswa. Sehingga diharapkan para guru matematika dapat menggunakan model pembelajaran inquiry dalam pembelajaran matematika. 2007 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11020/1/dpn.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11020/2/1.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11020/3/2.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11020/4/3.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11020/5/4.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11020/6/5.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11020/7/dapus.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/11020/10/lamp.pdf PRAMESWATI, JUWANITA (2007) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KETRAMPILAN SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP N 1 Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A410030179
spellingShingle L Education (General)
PRAMESWATI, JUWANITA
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KETRAMPILAN SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP N 1 Karanganyar)
title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KETRAMPILAN SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP N 1 Karanganyar)
title_full PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KETRAMPILAN SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP N 1 Karanganyar)
title_fullStr PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KETRAMPILAN SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP N 1 Karanganyar)
title_full_unstemmed PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KETRAMPILAN SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP N 1 Karanganyar)
title_short PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KETRAMPILAN SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP N 1 Karanganyar)
title_sort penerapan model pembelajaran inquiry dalam upaya meningkatkan pemahaman konsep matematika dan ketrampilan siswa ptk pembelajaran matematika kelas vii smp n 1 karanganyar
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/11020/
work_keys_str_mv AT prameswatijuwanita penerapanmodelpembelajaraninquirydalamupayameningkatkanpemahamankonsepmatematikadanketrampilansiswaptkpembelajaranmatematikakelasviismpn1karanganyar