PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN KETRAMPILAN SISWA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP N 1 Karanganyar)
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Meningkatkan pemahaman konsep matematika dengan model pembelajaran inquiry, 2) meningkatakan ketrampilan siswa dengan model pembelajaran inquiry. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIA SMP N 1 Ka...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11020/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Penelitian ini bertujuan untuk 1) Meningkatkan pemahaman konsep
matematika dengan model pembelajaran inquiry, 2) meningkatakan ketrampilan
siswa dengan model pembelajaran inquiry. Jenis penelitian ini adalah Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas VIIA SMP N 1
Karanganyar yang berjumlah 30 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi,
catatan lapangan, review dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif
kualitatif dengan metode alur. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas dilaksanakan
dalam 3 kali putaran. Hasil penelitian ini adalah meningkatnya pemahaman
konsep matematika dari 20% menjadi 90%. Sebelum tindakan jumlah siswa yang
memahami konsep sebanyak 6 siswa (20%), pada putaran I sebanyak 14 siswa
(46,67%), pada putaran II sebanyak 21 siswa (70%), pada putaran III seabanyak
27 siswa (90%). Hasil penelitian yang lain yaitu meningkatkan ketrampilan siswa
dari26,67% menjadi 93,33%. Sebelum tindakan jumlah siswa tentang
katrampilan sebanyak 8 siswa (26,67%), pada putaran I sebanyak 18 siswa (60%),
pada putaran II sebanyak 23 siswa (76,67%), dan pada putaran III sebanyak 28
siswa (93,33%). Kesimpulan pada penelitian ini adalah bahwa penerapan model
pembelajaran inquiry dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika dan
ketrampilan siswa. Sehingga diharapkan para guru matematika dapat
menggunakan model pembelajaran inquiry dalam pembelajaran matematika. |
---|