MEDIA PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (Kelas VIII Semester I SMP Muhammadiyah 4 Surakarta)
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk merancang media pembelajaran berbasis TIK pada pokok bahasan Sistem persamaan linear dua variabel menggunakan Microsoft Power Point. (2) Untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap matematika dengan menggunakan Microsoft Power...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English English English English English |
Published: |
2007
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/11019/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk merancang media pembelajaran berbasis
TIK pada pokok bahasan Sistem persamaan linear dua variabel menggunakan
Microsoft Power Point. (2) Untuk mengetahui minat belajar siswa terhadap
matematika dengan menggunakan Microsoft Power Point pada pembelajaran
matematika. Media ini diujicobakan di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta tahun
ajaran 2006/2007. Subyek penelitian ini adalah kelas VIII B yang berjumlah 36
siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode angket, observasi,
dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif
kualitatif. Hasil penelitian dari perancangan media pembelajaran ini cukup
membantu guru dalam proses belajar matematika dan merupakan salah satu
alternatif pembelajaran dikelas yang menarik. Media pembelajaran ini
diujicobakan dalam proses pembelajaran dikelas untuk mengetahui minat belajar
siswa. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa cukup
tingg, sebesar 83%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media
ini dapat diterapkan dalam proses pembelajaran matematika. |
---|