EKSPERIMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN KOOPE RATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION)PADA SUB POKOK BAHASAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN DITINJAU DARI GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan prestasi belajar ditinjau dari perbedaan metode pembelajaran (2) Perbedaan prestasi belajar ditinjau dari gaya belajar siswa (3) Interaksi antara metode mengajar dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
語言: | English English English English English English English English |
出版: |
2007
|
主題: | |
在線閱讀: | https://eprints.ums.ac.id/11018/ |
標簽: |
添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
|
總結: | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan prestasi belajar
ditinjau dari perbedaan metode pembelajaran (2) Perbedaan prestasi belajar ditinjau
dari gaya belajar siswa (3) Interaksi antara metode mengajar dan gaya belajar siswa
terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa
kelas VIII SMP N 3 Kartasura tahun ajaran 2006/2007 yang terdiri dari 6 kelas.
Sebagai sampel diambil dua kelas sebanyak 70 siswa yang kemudian dijadikan kelas
eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan data menggunakan Cluster
sampling cara undian. Proses pengambilan data menggunakan metode tes untuk
memperoleh data prestasi belajar matematika siswa, metode angket untuk
memperoleh data gaya belajar, dan metode dokementasi sebagai metode pendukung
untuk memperoleh data prestasi belajar matematika dan data gaya belajar. Teknik
analisis yang digunakan adalah teknik analisis variansi dua jalan yang sebelumnya
dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji Normalitas dengan Lillifors dan
Homogenitas dengan metode Bartlett. Berdasarkan hasil penelitian dengan α = 5%
diperoleh : (1) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika siswa ditinjau dari
perbedaan metode pembelajaran dengan Fhitung = 4,873 (2) terdapat perbedaan prestasi
belajar matematika siswa ditinjau dari gaya belajar siswa dengan Fhitung = 29,684 (3)
tidak terdapat interaksi antara metode mengajar dan gaya belajar siswa terhadap
prestasi belajar matematika siswa dengan Fhitung = 1,887. |
---|